12 Sep 2010

LG New Chocolate BL20v























Slider Anggun Berkamera 5 Mpix


Generasi ponsel fesyen tentu butuh penyegaran dengan model-model baru, salah satunya BL20v yang telah dibekali kualitas kamera 5 Mpix dan akses mobile broadband


Generasi LG new chocolate kembali menawarkan seri terbarunya, yakni tipe BL20v yang dirancang sebagai ponsel sliding berdesain anggun. Sesuai dengan konsep segmennya, BL20v adalah ponsel fesyen yang tampil mewah dan elegan. Sekilas bentuknya agak kaku dan konservatif, tapi itu tak mengurangi sisi ergonomis yang ada. Kesan mewah begitu kental terlihat dari pemilihan kombinasi warna merah dan hitam, plus penggunaan touch navigation key. Mengikuti seri BL40 chocolate, BL20v juga dibekali kamera 5 Mpix dengan lensa Schneider Kreuznach.

Minus kehadiran akses WiFi, BL20v dilengkapi jalur akses mobile broadband 3G/HSDPA. Bahkan dengan ketipisan dimensinya (12,3 mm), BL20v menjadi salah satu ponsel slider 3G tertipis yang ada dipasaran saat ini. Walau mengusung sistem operasi proprietary, BL20v tampak peduli pada kenyamanan penggunaan aplikasi, ini diperlihatkan dengan hadirnya widget hotkey pada panel touch navigation key. Hal lain yang menarik, meski bukan termasuk ponsel office, kamera ponsel ini dibekali fitur scan text yang lumayan membantu untuk memperjelas visual tulisan pada obyek foto. (Haryo Adjie Nogo Seno)


















Desain
Meski bukan ponsel touch screen, tapi BL20v bisa juga disebut ponsel semi hybrid, pasalnya ponsel ini menggunakan keypad dan touch sensitive navigation key. Untuk panel touch sensitive navigation, panel otomatis akan ’tersembunyi’ saat folder tertutup. Pengujian : menjajal tombol navigasi touch empat arah. Agar lebih mantap terdapat setting touchpad vibration. Catatan : BL20v tak menganut konsep hotswap untuk panel kartu memori, tapi untuk menaruh dan melepas kartu memori tak perlu melepas baterai, cukup membuka backcover.

Keypad
Untuk urusan keypad, ponsel ini terbilang super ergonomis dengan diameter tiap-tiap tuts 15 mm. Keypad alphanumeric murni hanya bisa digunakan untuk mengetik teks dan dial number. Fungsi navigasi hanya dapat dilakukan lewat touch navigation key. Seperti halnya pada ponsel lain, keypad dapat di settting untuk speed dials. Pengujian : mengetik teks pada SMS dan note. Catatan : keypad alphanumeric dan touch key kurang terasa optimal untuk navigasi gaming.
















Layar

Visual layar BL20v terbilang tajam dan jernih dengan resolusi 240 x 320 pixels 262 ribu warna TFT (thin film transistor). Dimensi layar yakni 2,4 inchi atau sekitar 50 x 32 mm. Menu pada layar dapat di setting menggunakan pola grid dan list. Layar tampil menarik dengan adanya aneka widget aplikasi-aplikasi favorit. Pengujian : memutar file video dan aplikasi gaming. Catatan : Dimensi layar berkonsep portrait dapat menampung hingga 8 baris teks pada menu SMS.

Kamera
Inilah fitur unggulan BL20v, kamera 5 Mpix (2560 x 1920 pixels) berlensa Schneider Kreuznach. Menu pada kamera mencakup efek, white balance, night mode, timer, flash, shot mode, brightness, quality, dan standar ISO hingga 400. Hasil foto juga dapat dilakukan editing. Pengujian : mengambil obyek foto dengan resolusi 5 Mpix, termasuk menjajal text scan. Hasil text scan berupa gambar dengan fokus pada rangkain teks. Catatan : Kamera internal (secondary camera) maksimum beresolusi VGA, tidak terdapat fitur red eye dan macro mode.

Rekam Video
Pilihan resolusi untuk rekam video yakni 320 x 240/ 176 x 144/ 128 x 96 pixels dengan 15 frame per second. Kelengkapan menu pendukungnya tak beda dengan kamera, Anda juga bisa merekam lewat secondary camera. Pengujian : menjajal rekam dengan durasi normal selama 1 menit, secara otomatis file video akan disimpan dalam format 3gp. Nilai : xx. Catatan : resolusi 320 x 240 (QVGA) dipandang kurang maksimal, umumnya ponsel kamera berstandar 5 Mpix menggunakan resolusi video VGA (640 x 480 pixels). Tidak terdapat aplikasi video editor.

















Pemutar Musik
Pemutar musik menjadi aplikasi utama di list menu BL20v. Fitur-fitur yang mendukung mencakup repeat, shuffle, dan player skin. Tak lupa ada bekal equalizer yang terdiri dari setting 3D surround, classic, jazz, pop, rock, dan concert hall. Pengujian : menjajal pemutar musik via headset stereo dan bluetooth A2DP. Mencoba fitur minimize (multitasking). Catatan : Ponsel ini sejatinya tak dibekali dual speaker, tapi dalam ujicoba pancaran suara sangat baik dan jernih.

Internet
Fitur pada internet browser lumayan lengkap, ada fungsi zoom, multi window, reload, back. Forward, dan send link via email/SMS. Bahkan ada show image dan java script yang bisa on/off. Tentu ini bisa menghemat trafik data yang digunakan. Pengujian : menjajal aplikasi yang terkait internet, seperti Google Search dan Google Map. Catatan : Tidak dijelaskan tipe mobile browser yang digunakan. Aplikasi berbasis internet dapat multitasking dengan menggunakan akses widget hotkey.

FM Radio
FM radio menjadi aplikasi hiburan dan informasi yang masuk dalam menu musik. Sebenarnya kelengkapan fitur di FM radio terbilang standar, tapi kualitas radio terbilang apik. Untuk aktivasi radio masih diperlukan koneksi dengan headset stereo sebagai antena. Ada 11 channel stasiun radio yang bisa disimpan. Pengujian : mendengarkan FM radio lewat headset dan speaker phone. Catatan : Tidak ada fitur rekam siaran, slot untuk headset menggunakan single port.USB. Proses charing dan FM radio tidak dapat dilakukan secara bersamaan.

Kinerja
Dalam ujicoba, kinerja ponsel secara keseluruhan terlihat cukup memuaskan. Semua fitur dapat bekerja dengan optimal. Termasuk kemampuan browser dan pemutar musik, meski disayangkan akses WiFi absen di ponsel ini. Koneksi internet sangat mudah dengan konsep inject proxy GPRS. Penggunaan single port USB untuk headset/kabel data dan charging sebenarnya sudah ketinggalan jaman. Single port dipandang kurang memberi fleksibilitas bagi pengguna Untuk mengatasi kekurangan tersebut, pada paket jualnya BL20v dilengkapi sambungan audio port headset 3,5 mm.

Kinerja Baterai
LG BL20v menggunakan baterai standar Lithium Ion berkapasitas 900 mAh. Menurut versi vendor, kapasitas tersebut dapat mempunyai wakti siaga hingga 450 jam dan waktu bicara hingga 5 jam. Dalam ujicoba, sangat terasa konsumi energi baterai tidak boros. Hal ini nampaknya cukup dipengaruhi oleh hidden navigation keys dan pemanfaatan fitur power save.

Spesifikasi
DESAIN Sliding
DIMENSI 106,9 x 50,8 x 12,3 mm
BERAT 115 gram
RINGTONE MP3/Polifonik
PROSESOR -
Sistem Operasi Proprietary
Jaringan GSM Triple band/HSDPA dual band

Layar
Kedalaman warna TFT 262 ribu warna
Ukuran 2,4 inchi
Resolusi 240 x 320 pixels

Memori
Internal 60 Mb
Eksternal Micro SD (hingga 16 GB)
Hotswap Tidak ada
Phonebook 1000
Call record ada

Konektivitas
GPRS/EDGE ada, kelas 12
HSDPA ada, 3,6 Mbps
HSUPA tidak ada
Bluetooth 2.1 A2DP
Kabel Data mini USB
WiFi tidak ada
PC Sync ada










Tidak ada komentar: