15 Sep 2009

HTC Touch Pro 2
















Lebih Canggih Layar Lebih Lebar


“Touch Pro generasi kedua tampil lebih atraktif dengan layar sentuh lebih lebar dari seri sebelumnya, akses internet bisa ngebut dengan HSUPA plus fitur-fitur pendukung aktivitas kerja lainnya”


Belum setahun berselang, vendor HTC (High Tech Computer) dari Taiwan kembali meluncurkan generasi lanjutan seri Touch Pro, jadilah seri lanjutan ini diberi label HTC Touch Pro 2. Touch Pro sejak awal diposisikan sebagai PDA (personal digital assistant) phone kelas atas yang diluncurkan dalam roadmap produk HTC. Touch Pro dicirikan memiliki kemampuan layar sentuh dengan keunggulan teknologi Touch Flo 3D dan panel qwerty keyboard dengan desain sliding. Touch Pro 2 tentu hadir dengan beragam peningkatan fitur dan fasilitas.

Ketimbang seri Touch Pro pertama, Touch Pro 2 tampil lebih total dalam mengesankan sebagai smartphone full touch screen, terutama bisa dilihat dari panel layar yang menutupi sebagian besar front cover. Fitur penunjang aktivitas bisnis juga ditambahkan, semisal adanya tombol straight talk untuk kualitas speaker phone lebih jernih. Lalu ada lagi fitur push internet, people centric communication dan touch sensitive zoom bar, kesemuanya jelas mempermudah aktivitas bisnis. Tentunya banyak aplikasi yang dapat membuat ponsel Windows Mobile ini kian powerfull. Terlebih Touch Pro 2 juga sanggup mengebut di akses HSUPA (High Speed Uplink Packet Access).



Desain
Hentakan panel qwerty keyboard dirancang cukup halus, dan layar pada posisi landscape dapat ditampilkan pada posis berdiri hingga 45 derajat. Walau front cover tampil full touch screen, masih disediakan stylus pen yang terintegrasi. Pada back cover ada tombol aktivasi straight talk untuk optimalisasi speaker phone. Pengujian : menjajal kemampuan akses straight talk dan qwerty keyboard. Nilai : 3,1. Catatan : Hanya tersedia satu slot yang digunakan sekaligus untuk headset radio, charging dan koneksi data USB. Walau mengadopsi konsep hot swap, untuk mencabut/memasukan kartu memori perlu membuka back cover.

Layar
Luas penampang layar 3,6 inchi, tergolong lumayan besar di kelas PDA phone. Navigasi layar sangat mudah berkat dukungan Touch Flo 3D plus tampilan ikon menu dibuat cukup besar, praktis sebenarnya tak begitu diperlukan stylus pen untuk olah navigasi. Layar juga didukung teknologi akselerometer untuk auto rotate. Pengujian : menjajal navigasi lewat sentuhan jari dan stylus pen. Ponsel ini menggunakan teknologi layar resistive. Nilai : 3,3. Catatan : auto rotate dapat di set on/off pada menu G-sensor. Saat panel keyboard dibuka, layar otomatis berubah ke posisi landscape.


Kamera
Kemampuan kamera nampaknya bukan yang terlalu diandalkan di ponsel ini. Untuk menunjang imaging tersedia resolusi 3 Mpix (2048 x 1216 pixels). Sedang untuk rekam video maksimum tersedia resolusi VGA. Dukungan fitur yang ada seperti panorama, ISO hingga 800, self timer, white balance dan efek. Pengujian : menjajal akses foto dan rekam video lewat touch focus. Melihat hasil (review) foto-foto dalam setting durasi waktu. Nilai : 3. Catatan : Kamera tidak dilengkapi fasilitas flash dan cermin untuk self portrait.

Messaging
Kemudahan setting email POP3 memang menjadi nilai tambah bagi pemilik hadndset berbasis Windows Mobile (Winmo). Dengan adopsi Winmo 6.1 tampilan inbox SMS dibuat menarik dengan pola chatting lengkap dengan time stamp. Pengujian : melakukan setting email dengan salah satu akun Gmail. Proses cukup cepat dan sederhana dengan memasukan username, alamat email dan password serta bisa di retrieve secara otomatis per periode. Nilai : 3,4. Catatan : pilihan mengetik SMS terasa lebih nyaman dengan memanfaatkan fasilitas qwerty keyboard.



Internet Browser
Seperti sudah jadi langganan, platform Winmo profesional dibekali dua internet browser, yakni Internet Explorer (IE) dan Opera. Baik browser IE dan Opera mempunyai beberapa kelebihan serupa, contohnya tampilan screen mobile, tab zoom, full screen, block pops up, pengaturan ukuran font dan show on/off picture. Pengujian : membuka salah satu blog ponsel lokal dan mencoba tab zoom. Nilai : 3. Catatan : Navigasi layar cukup menggunakan sapuan jari, mirip konsep di ponsel iPhone.

Memori dan Prosesor
Walau merupakan seri pengembangan, Touch Pro 2 masih mengadopsi prosesor dengan kecepatan yang serupa dari pendahulunya, yakni 528 Mhz. Jenis CPU prosesornya adalah Qualcomm 7200A dengan memori 288 MB RAM dan 512 MB ROM. Sedang kemampuan memori eksternal micro SD bisa hingga 16 GB. Pengujian : menjajal beberapa aplikasi secara multi tasking, 10 aplikasi dapat berjalan bersamaan tanpa gangguan. Nilai : 3. Catatan : Performa dan kapasitas Micro SD serupa dengan Touch Pro seri pertama.

















World Card Mobile

Salah satu nilai lebih dari ponsel ini adalah bekal fitur World Card Mobile (business card reader), dengan fitur ini Anda bisa melakukan input informasi dari kartu nama lewat scan foto. Untuk menjalankan fitur ini, disyaratkan ponsel harus memiliki kamera minimal 2 Mpix. Pengujian : melakukan input informasi dari kartu nama, semua data setelah diproses ditampilkan dalam parameter info per kategori. Anda bisa melakukan revisi bila ada kekeliruan dalam proses scan. Selanjutnya info siap di ekspor ke menu contact. Nilai : 3. Catatan : -



GPS
Ada dua bekal fitur GPS di ponsel ini, yakni Quick GPS dan Google Maps yang dilengkapi latitude dan satelite view. Kedua cukup akurat untuk solusi map dan navigasi, tapi tetap untuk menunjang diperlukan koneksi internet. Pengujian : menjajal akses map dan navigasi dengan Google map. Nilai : 3. Catatan : koneksi GPS bisa berjalan stand alone (murni via GPS) atau lewat bantuan koneksi internet. Untuk Google Maps dibutuhkan konsumsi trafik internet yang tinggi. Dalam paket jual tidak dilengkapi map digital lain.



Pemutar Musik dan FM radio
Cover album bisa ditampilkan sesuai dengan album lagu-lagu artis yang kita input, perpindahan album dapat digeser dengan tampilan 3D. Kualitas suara diperkuat menggunakan audio booster, repeat dan shuffle. Tak lupa ada fitur MP3 Trimmer, fitur ini dapat memotong panjang file sebuah melodi MP3. Pengujian : mencoba navigasi lagu pemutar musik dan mencoba FM radio via headset dan speaker. Nilai : 3,1. Catatan : audio booster bisa dinikmati dengan koneksi headset. FM radio tak bisa melakukan recording.

Kinerja
Sebagai ponsel dengan dukungan Winmo 6.1, soal kinerja fitur tentu sudah bisa ditakar, apalagi dengan dukungan prosesor dari Qualcomm yang unggul. Untuk menjalankan fungsi office mobile tentu sangat membantu dengan kelengkapan stylus pen dan qwerty keyboard. Untuk menjalankan fungsi hiburan, ponsel ini juga menyediakan konektivitas berupa sambungan TV out. Meski mempunyai akselerator, tidak semua tampilan bisa menjalankan auto rotate. Dalam pengujian hanya tampilan internet browser yang bisa auto rotate.

Kinerja Baterai
Dari segi bobot ponsel ini memang bongsor dan lumayan berat, maklum fiturnya juga segudang. Salah satu penyumbang berat adalah keberadaan baterai Lithium Ion 1500 mAh. Dalam moda 2G, disebutkan waktu siaga bisa mencapai 500 jam dan waktu bicara sampai 8,5 jam. Dalam uji coba ponsel ini menampilkan performa baterai yang lumayan awet, pengaturan pada kombinasi setting layar cukup mempengaruhi konsumsi baterai.

Spesifikasi
DESAIN Bar
DIMENSI 116 x 59.2 x 17.3 mm
BERAT 178.5 gram
RINGTONE MP3 dan truetone

PROSESOR Qualcomm MSM7200A 528 MHz processor
Sistem Operasi Windows Mobile 6.1 profesional
Jaringan GSM quad band/HSDPA/HSUPA 900/2100 Mhz

Layar
Kedalaman warna TFT Touch Screen 65 ribu warna
Ukuran 3,6 nchi
Resolusi 480 x 800 pixels

Memori
Internal 288 MB RAM, 512 MB ROM
Eksternal 16 GB (Micro SD)
Hotswap ada
Phonebook dinamis
Call record ada
SMS record dinamis

Konektivitas
GPRS ada, kelas 10
EDGE ada, kelas 10
HSDPA ada, 7,2 Mbps
WLAN/Wi Fi ada, b/g
Bluetooth 2.0
Infrared tidak ada
Kabel Data mini USB 2.0
PC Sync ada

Video
Resolusi Max VGA
Kualitas rekam high, medium, low
Player 3GPP dan MP4
Video Editor ada
Slow Motion tidak ada
Insert tidak ada
Efek tidak ada
Mute Record ada
Durasi Max tergantung memori

Baterai
Tipe Lithium Ion
Kapasitas (mAh) 1500
Standby time (jam) 500 jam
Talk time (jam) 8,5 jam

Tidak ada komentar: