10 Okt 2008

Taxco DM77



















Ponsel TV Analog dengan Antena Terpanjang


”DM77 bukan ponsel pertama yang meluncurkan dual on plus TV analog, tapi DM77 jadi yang pertama menghadirkan antena TV terpanjang, tanpa menggunakan sytlus pen”

Teknologi ponsel dari Cina kini punya tempat tersendiri di persepsi masyarakat, ini tak lain berkat eksistensi dua fitur unggulan, yakni dual on dan TV analog yang sudah banyak ditawarkan oleh berbagai merek. Nah, salah satu yang terbaru adalah Taxco DM77, ponsel ini secara desain menawarkan keunggulan dalam ukuran layar lebar, sistem input layar sentuh dan TV analog dengan antena panjang yang terintegrasi.

Meski ponsel ini bukan yang pertama menawarkan dual on GSM di Indonesia, Taxco DM77 dipandang mampu memberi pilihan fitur dan fasilitas baru. Beberapa kelengkapan yang jadi unggulan selain TV analog adalah kamera resolusi 1,3 Mpix, bluetooth stereo, FM radio dan pemutar musik dengan dukungan setting yang menarik. Walau belum bisa digolongkan sebagai smartphone, DM77 terbilang telah memiliki nuansas fitur kelas smart/PDA phone, diantaranya bekal stylus pen untuk navigasi dan input teks, juga keberadaan flight mode.

Layar
Lebarnya layar dengan bentangan 3,2 inchi (70 x 40 mm) memang menjadi keunggulan tersendiri. Layar sentuh ini sudah cukup pas untuk melihat visual tampilan TV, terutama dalam moda lanskap. Untuk variasi tampilan layar, DM77 menyediakan 2 pilihan themes. Dengan layar yang lebar, 13 baris teks SMS bisa ditampilkan dalam visual satu layar penuh. Pengujian : Olah navigasi menu via stylus pen. Nilai : 3,3. Catatan : Layar terkesan cepat kotor, sebaiknya perlu proteksi.
Keypad
Ada dua keypad yang tersedia, yakni keypad konvensional ABC dan keypad virtual QWERTY. Untuk pilihan kedua, tentu lebih nyaman menggunakan bantuan stylus pen. Keypad konvesional dirancang dengan bentangan yang tak terlalu besar, urutan navigasinya mirip dengan keypad di ponsel pada umumnya, dilengkapi dua tombol softkey dan tombol navigasi empat arah. Pengujian : Input teks SMS dengan virtual keypad. Nilai : 2,7. Catatan : Jarak antar tuts pada keypad terlalu kecil, sedikit kurang ergonomis untuk ini.

Desain
Soal desain DM77 memang tergolong bongsor, maklum ini untuk mewadahi bentangan layar lebarnya. DM77 tak dirancang dengan desain rumit, hanya terdapat tombol shortcut kamera dan tombol volume yang bisa digunakan untuk navigasi terbatas. Di back cover, selain lensa kemara, terdapat 3 buah speaker yang disebutkan menggunakan 3D stereo. Pengujian : Membuka dan menutup back cover, input kartu SIM dan kartu memori. Nilai : 3. Catatan : -

TV Analog
TV analog bisa menyimpan 19 channel list, visual TV bisa ditampilkan dalam moda portrait (terbatas) dan lanskap (layar penuh). Hebatnya pada visual portrait, Anda bisa mengambil gambar pada siaran TV yang sedang ditayangkan. Navigasi channel bisa dilakukan cukup mudah lewat lingkaran tombol merah di keypad. Begitu juga cukup mudah untuk mengatur volume. Pengujian : Lihat TV analog selama 4 jam penuh. Nilai : 3. Catatan : Umumnya hanya 3 sampai 4 siaran TV yang dapat tertangkap dengan baik.

Kamera dan Rekam Video
Selain resolusi 1,3 Mpix, DM77 juga menyediakan pilihan resolusi 240x320/ 240x400 dan 160x120 pixels. Fitur kamera juga dibekali white balance, timer, efek, frame, multi shot, night mode, brightness dan zoom. Pengujian : Memoret dengan resolusi tertinggi. Fitur yang serupa juga terdapat dalam menu rekam video. Nilai : 3,1. Catatan : Hasil foto kamera 1,3 Mpix saat ditransfer ke PC, resolusi foto yang ditampilkan ternyata hanya 640x480 pixels.

Pemutar Musik
Tampilan visual pemutar musik tergolong sederhana, namun tetap dilengkapi grafik bit. Fitur yang melengkapi mencakup playlist, repeat, shuffle, background play (multitaksing) dan equalizer (bass, dance, classical, treble, party dan rock). Tidak ketinggalan DM77 sudah mendukung fasilitas bluetooth stereo. Pengujian : Dilakukan pemutaran lagu “Jump” dari Van Hallen. Nilai : 3,2. Catatan : Pancaran suara cukup keras dengan dukungan tiga speaker, namun sedikit pecah untuk nada tinggi.

Port dan Konektivitas
Andalan untuk konektivitas adalah bluetooth dan USB. Port USB juga digunakan untuk berbagai fungsi, mulai dari charging, headset stereo, transfer data dan sinkronisasi file. Pengujian : Dilakukan transfer data l(MP3 dan dokumen) ewat bluetooth dan USB. Nilai : 3,6. Catatan : Transfer data bluetooth hanya bisa dilakukan dalam file berkapasitas kecil, file lagu MP3 berkapasitas 4,58MB hanya bisa dilakukan lewat transfer USB. Penggunaan port gabungan juga membatasi antara fungsi charging dan koneksi headset.

Kinerja
Secara umum semua fitur dan fasilitas DM77 dapat beroperasi dengan optimal. Kualitas suara juga ditambahkan fungsi speaker phone. Antena DM77 tergolong paling panjang di kelasnya, yakni sekitar 28 Cm. Antena tidak bisa dilepas, dan tak terkait dengan fungsi stylus pen. Hal ini yang menjadikan kualitas penerimaan gambar TV cukup baik. Tapi sedikit disayangkan, DM77 tidak dibekali fasilitas tiang penyangga pada back covernya.

Taxco DM77 Skor Akhir : 3,1

Kinerja Baterai
Data vendor
Ponsel ini menggunakan jenis baterai Lithium Ion 1800 mAh. Waktu siaga yang bisa dicapai adalah 100 jam dan waktu bicara hingga 3 jam.

Hasil Pengujian
Dalam uji coba dan baterai pada posisi full. Ponsel dapat aktif dengan TV analog menyala selama 4,5 jam. Agak boros bila dual on GSM diaktifkan.

Spesifikasi
DESAIN Full bar
DIMENSI 117,5 x 54 x 18 mm
BERAT 130 gram
RINGTONE Polifonik 64 cord, MP3
PROSESOR --
Sistem Operasi proprietary
Jaringan GSM (900/1800) dual on

Layar
Kedalaman warna LCD 262 ribu warna
Ukuran 3,2 inchi (70 x 40 mm)
Resolusi -

Memori
Internal 194.000 Kb
Eksternal Micro SD (paket 512MB)
Hotswap -
Phonebook 500
Call record ada

Konektivitas
GPRS ya
Bluetooth 2.0
Kabel Data USB
PC Sync ada

Messaging
Long SMS ada (612 karakter)
MMS ada
Fax -
E-mail Messaging -
Video Messaging ada
SMS Broadcast ada

1 komentar:

riski mengatakan...

geman si caranya setting gprs hp taxco dm77.tlng ksh tau dong.