9 Okt 2008

i-mobile 318
















Minimalis dengan Bluetooth


“Desain yang minimalis tak harus minim fitur, i-mobile 318 cukup handal mengedepankan keunggulan pemutar musik”

Ada pepatah ”jangan menilai sesuatu hanya dari kulitnya saja”, rasanya pepatah itu sesuai untuk menggambarkan keberadaan ponsel i-mobile 318. Ponsel ini dirancang dengan cukup sederhana. Ini bisa terlihat dari kontur body candybar yang minim pernak pernik, pemilihan material plastik pun mengingatkan pada beberapa seri ponsel mid end. Tapi jangan ambil kesimpulan dulu, ternyata dibalik kesan sederhana, i-mobile 318 adalah jenis ponsel yang tergolong padat fitur multimedia.

Bukti yang paling terlihat, i-mobile 318 sudah dibekali bluetooth stereo. Sebuah fitur yang menandakan ponsel ini cukup berkelas, dan pas digolongkan sebagai ponsel musik. Fitur tambahan lainnya seperti MP3 player dan FM radio. Semakin klop, i-mobile juga dibekali tambahan memori eksternal. Ponsel asal negeri Gajah Putih ini memang disiapkan oleh vendornya dalam kelas ’music series’. Meski begitu, fitur lainnya banyak yang tergolong lawas, seperti kamera VGA. Tapi toh masih terasa wajar, mengingat i-mobile masuk dalam segmen mid end phone.

Pemutar Musik
i-mobile terbilang cukup apik dalam mengemas fitur ini. Pemutar musik dapat berjalan multi tasking, dibekali fungsi shuffle, repeat, playlist dan pilihan equalizer. Visual pemutar musik juga dibekali pilihan perubahan skin. Terdapat opsi untuk mengambil konten file lagu dari internal dan eksternal memori. Pengujian : Memutar musik dengan berbagai pilihan equalizer dan fungsi shuffle. Nilai : 3,8. Catatan : Kualitas musik strereo lebih prima dengan headset. Disayangkan tidak terdapat fasilitas audio output.

Kamera
Walau beresolusi rendah, pilihan menu cukup lengkap di kelasnya. Diantaranya seperti white balance, AE meter, save mode, night mode, frame dan pilihan efek (gray, sepia, sepia blue dan green). Tidak ketinggalan terdapat self timer dan multi shot. Pengujian : Melakukan pemotretan dengan resolusi VGA. Nilai : 3,3. Catatan : Kamera tak dibekali mirror untuk self portrait. Fungsi zoom juga tidak bisa diaktifkan justru di kamera.

Port
Untuk koneksi charging dan sinkronisasi data menggunakan port USB yang terletak pada bagian bawah ponsel. Sedangkan untuk headset tersedia female jack 3,5 mm, letaknya bersebelahan dengan port USB. Pengujian : Dilakukan proses transfer lagu dari PC, dan mendengarkan pemutar musik dan FM radio. Nilai : 3,8. Catatan : Untuk koneksi FM radio diperlukan headset stereo khusus yang dilengkapi antena. Selain FM radio bisa menggunakan headset 3,5 mm berbeda merek.










Video Recorder

Umumnya fitur ini merupakan kepanjangan dari kamera. Video recorder dilengkapi menu rekam suara, white balance, contrast dan pilihan efek. Format video yang bisa diputar mencakup MPEG4, 3GPP dan AVI. Pada video recorder justru fungsi zoom sebanyak 3x bisa dijalankan. Rekaman suara menggunakan format AMR. Pengujian : Melakukan rekam video selama 20 detik. Nilai : 3,2. Catatan : Sedikit disayangkan tidak terdapat menu video editor.

Internet
i-mobile 318 dilengkapi fungsi akses internet lewat GPRS, sayang tidak diketahui kelas GPRS nya. Format akses internet service mencakup WAP dengan seting bookmark. Dalam versi uji, ponsel telah dibekali seting profile parameter GPRS operator lokal. Pengujian : Ponsel berhasil melakakukan proses browsing ke situs www.selular.co.id. Nilai : 3,7. Catatan : ponsel tak dibekali browser yang memadai, ditambah ukuran layar terbilang kecil menjadikan tampilan visual kurang menarik.

Messaging
Menu message terdiri dari elemen SMS, MMS dan email. Dalam satu layar penuh, hanya bisa ditampikan tiga baris teks untuk SMS. Menu SMS dibekali long message karakter, menambah kemampuan terdapat insert object untuk animasi dan gambar. Tak ketinggalan ada template dan emoticon. Anda juga bisa mengirim SMS dalam format grup. Pengujian : Dilakukan pengetikan SMS long karakter dan send ke grup. Nilai : 3,4. Catatan : Ukuran layar yang kecil menjadi hambatan untuk kenyamanan melihat teks.

Keypad
Keypad i-mobile 318 dirancang cukup ergonomis, setiap tuts dibuat dengan rentang 10 mm. Untuk kemudahan navigasi, tombol navigasi empat arah bisa dijadikan shortcut yang dinamis. Selain itu terdapat dua soft key untuk jalur pengoperasian alternatif. Pengujian : Olah berbagai menu pengetikan. Nilai : 3,4. Catatan : Meski cukup nyaman digunakan, pada tuts keypad terdapat ikon huruf Thai.

Kinerja
Diakui bahwa kinerja ponsel ini cukup baik, dan ringkas dalam penggunaan. Fitur pemutar musik adalah yang paling diunggulkan, pancaran suara bass sangat terasa bila didengarkan via headset. Ditambah lagi dukungan bluetooth stereo. Baik pemutar musik dan FM radio bisa bekerja dengan multi tasking. Dalam release disebutkan ponsel ini dilenhgkapi Yamaha Audio Amlifier built in.

i-mobile 318 Skor : 3,86

Kinerja Baterai
Data Vendor : i-mobile 318 mempunyai waktu siaga hingga 180 jam dan waktu bicara hingga 2 jam.

Hasil Pengujian :
Ponsel yang dibekali baterai lithium Ion berkapasitas 720 mAh ini bisa bertahan dengan waktu siaga hingga 3 hari dalam pemakaian fitur minimal. Sedang fasilitas FM radio bisa diputar 8 jam sampai baterai habis.

Spesifikasi
Desain bar (Magnesium Design)
Dimensi 107 x 45 x 14.8 mm.
Berat 89,5 gram
Ring Tone Polifonik, MP3 dan WAV
Sistem Operasi Proprietary
Jaringan GSM dual band
Prosessor -

Layar
Kedalaman warna TFT 262 ribu warna
Ukuran 1.8 inchi
Resolusi 176 x 220 pixels

Memori
Internal 121 MB
Eksternal Micro SD (bisa berjalan hingga 1GB)
Hotswap -
Phonebook dinamis (500)
Call record ada
SMS record 250

(Apr08)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

susah omz, gak ada dukungan software nya. driverna aja kagak ada, gemane seih jualan kayak gak niat....