14 Okt 2008

Samsung SGH-U900 Soul












HSDPA dengan Sentuhan Navigasi Baru






”Canggih dan stylish adalah karakter untuk SGH-U900. Dirancang mengedepankan sensasi navigasi yang unik dan serba baru”

Keunggulan fitur dan desain memang difokuskan Samsung Mobile pada seri ultra edition. Setelah tahun lalu menggelontorkan varian-varian di U series, Samsung Mobile kembali menghadirkan produk anyarnya di seri SGH-U900. Ponsel dengan rancangan sliding ini menjadi ikon unggulan dalam Samsung Mobile Road Show di Jakarta bulan April lalu. Apa yang menjadikan SGH-U900 begitu istimewa di mata sang vendor? Ada beberapa hal untuk alasan ini, seperti hadirnya magical touch, kamera 5 megapixels, akses HSDPA dan teknologi amplifier digital power dari Bang & Olufsen.

Hal diatas baru sekilas keunggulan SGH-U900, dari segi rancangan ponsel ini dibuat dengan ketebalan hanya 12,9 mm. Dalam katalog yang dirilis, SGH-U900 masuk dalam kelas ponsel style. Pihak vendor memberi identitas ”Soul” untuk SGH-U900. Ini wajar mengingat, keseluruhan tampilan ponsel begitu mencerminkan unsur fesyen. Pengguna tak hanya dimanjakan dengan touch sensitive key, lewat magic touch navigasi menu terasa beda dengan paduan graphic user interface yang bisa merespon perintah secara cepat.

Layar
Dibanding U series sebelumnya, SGH-U900 sudah dibebakali layar TFT dengan kedalaman 16 juta warna. Dimensi layar cukup memadai denngan bentangan 2,2 inchi – resolusi 240x320 pixels. Konsep user interface sudah lebih atraktif ketimbang U series sebelumnya. Untuk navigasi menu empat arah, juga mengandalkan sistem layar sentuh monokrom dengan Magic Touch. Pengujian : Olah tampilan visual ke berbagai menu dan memutar file video. Nilai : 3,6. Catatan : -

Keypad dan Magic Touch
Bentangan keypad dirancang cukup ergonimis dengan konsep flat. Navigasi empat arah di konversi dalam teknologi magic touch dari Dynamic Adaptive Control Panel (DaCP) yang bisa di kustomisasi. Magic touch adalah teknologi layar sentuh yang ditambahkan visual ikon menu. Saat layar disentuh, ikon menu akan berpendar mengikuti alur gerak jari tangan. Pengujian : Mengetik SMS dan navigasi menu. Nilai : 3,3. Catatan : Perlu adaptasi untuk merasa nyaman dengan magic touch, untuk itu manfaatkan pengaturan kadar sensitif sensor.

Desain
Memang bukan yang tertipis di kelas sliding, tapi hentakan slidingnya tergolong sangat halus. Untuk menjaga kesan elegan, tak banyak instrumen yang ”melingkari” ponsel ini. Di ponsel berwarna metal ini hanya tersedia tombol shortcut kamera, tombol volume, slot Micro SD dan port USB gabungan. Pengujian : Membuka dan menutup folder, menempatkan ponsel di saku. Nilai : 3,5. Catatan : Back cover agak licin, diperlukan tips khusus untuk membukanya.

Musik
Walau tak fokus di musik, pemutar musik di SGH-U900 tampil dengan fitur terdepan. Unggulan fiturnya mencakup last played, multi format MP3/AAC/eACC+/WMA player, artist, podcast dan composer. Menambah kenikmatan musik, efek suara dibekali pilihan equalizer – pop/dance/jazz/wide dynamic/normal dan suuround. Dukungan fasilitas juga dipadukan amplifier digital dengan teknologi Bang & Olufsen. Pengujian : Mendengarkan melodi MP3. Nilai : 3,5. Catatan : Pancaran kualitas maksimal akan lebih terasa dengan headset stereo.

Kamera
Ini menjadi kedua kalinya bagi Samsung menghadirkan ponsel 5 Mpix (2560x1536 pixels). Fasilitas pendukungnya mencakup fitur macro, timer, white balance, anti shake, flash light, exposure value, face detection, wide dynamic range, power LED dan ISO (auto/50/100/200.400). Selain 5 Mpix, ada pilihan resolusi lain – 3 Mpix, 2 Mpix dan 1,3 Mpix. Lensa kamera bisa melakukan 4x digital zoom. Pengujian : Dilakukan pemotretan dengan resolusi 5 Mpix. Nilai : 3,2. Catatan : Dalam versi uji coba, belum ada red eye reduction.

Rekam Video
Fasilitas rekam video punya menu yang relatif serupa dengan kamera. Pilihan rekam terdiri dari normal (320x240 pixels) dan (176x144 pixels). Lalu ada pilihan seting MMS (176x144 pixels). Untuk menambah kreasi, juga terdapat fitur video editor, selain juga fitur image editor yang sama-sama terdapat di menu entertainment. Format video bisa di set antara 3GPP dan MP4. Pengujian : Dilakukan rekam video dengan format MP4. Nilai : 3,2. Catatan : Akan lebih optimal bila maksimum resolusi menggunakan standar VGA (640x480 pixels).

Internet
Ponsel ini termasuk kaya untuk urusan internet, bekal aksesnya terdiri dari GPRS kelas 10, EDGE kelas 10, 3G dan HSDPA dengan maksimum speed 7,2 Mbps. Kinerja internet didukung oleh Net Front Browser v3.4. Layar bisa menanpilkan format xHTML dan HTML. Fasilitas link ke blog (ShoZu) juag memperkaya menu internet yang ada. Pengujian : Membuka tampilan sebuah situs dengan salah satu kartu prabayar, hanya makan waktu kurang dari 10 detik. Nilai : 3,2. Catatan : -

Memori
Total memori internal yang tersedia adalah 128 MB, selain ada bekal tambahan kartu memori eksternal (Micro SD) hingga kapasitas maksimum 8GB. Ini pertama kali ponsel Samsung mampu menjalankan kapasitas Micro SD 8GB. Hal ini menjadikan memori sangat powerful untuk mendukung beragam aplikasi. Slot memori mengadopsi konsep hot swap. Pengujian : Memasang Micro SD 2GB dengan koleksi MP3 70 persen. Nilai : 3,7. Catatan : -

Messaging
Menu messaging masih menampilkan konsep standar, long SMS bisa digunakan hingga 2295 karakter. Selain itu tak lupa MMS dan email client siap mendukung aktifitas Anda. Untuk kemudahan forward message, SGH-U900 dibekali converter untuk meneruskan SMS ke sebuah format MMS. Pengujian : Mengetik SMS long karakter dan convert ke MMS. Nilai : 3,2. Catatan : Dalam versi uji coba, ponsel ini belum dilengkapi SOS message.

Konektivitas
Bluetooth adalah bekal konektivitas nomer satu, bluetooth berkemampuan lengkap mulai dari printing, push object hingga stereo headset A2DP. Fasilitas koneksi kedua yakni USB kabel data untuk berkirim file dan sinkronisasi ke PC. Pengujian : Berkirim dan menerima file dalam format MP3. Nilai : 3,6. Catatan : Sebagai ponsel dengan fitur musik canggih, sedikit disayangkan SGH-U900 tidak dibekali female jack 3,5 mm.

Kinerja
Buat Anda yang senang akan desain ponsel cantik, SGH-U900 nampaknya pas menjadi pilihan. User interface tak jauh beda dengan U series sebelumnya, tentu ada pembaharuan disana sini. Koneksi intenet sangat baik, apalagi inject proxy GPRS sudah disiapkan dengan pilihan operator-operator baru di Tanah Air. Pancaran suara juga cukup apik, hanya saja magic touch kurang pas digunakan untuk fungsi kendali di menu gaming.

Kinerja Baterai
Data Vendor
Ponsel ini menggunakan jenis baterai Lithium Ion 880 mAh. Waktu siaga yang bisa dicapai yakni 300 jam dan waktu bicara 4 jam.

Hasil Pengujian
Dalam uji coba, ponsel di charge full lalu diaktifkan fitur FM radio. Ponsel ternyata bisa aktif hingga waktu lebih dari 10 jam.


Samsung SGH-U900 Skor : 3,4

Spesifikasi
DESAIN Candy bar
DIMENSI 105 x 49.5 x 12.9 mm (close sliding)
BERAT 112 gram
RINGTONE Polifonik 72 cord, MP3

PROSESOR --
Sistem Operasi proprietary
Jaringan GSM 900/1800/1900/WCDMA/HSDPA 2100

Memori
Internal 128 Mb
Eksternal 8 GB (Micro SD)
Hotswap ada
Phonebook dinamis (1000)
Call record ada
SMS record 500

Konektivitas
GPRS kelas 10
EDGE kelas 10- > 236,8 Kbps
HSDPA ada, 7,2 Mbps
WLAN/WI FI tidak ada
Bluetooth 2.0
Infrared tidak ada
Kabel Data USB 2.0
PC Sync ada

(Jun08)

1 komentar:

dodo mengatakan...

Bagaimana cara mengisi account email di HP Samsung SGH-U900? Dengan Operator Telkomsel : Kartu AS.