27 Okt 2008

Samsung SGH-F480














Kemudahan Navigasi lewat Sentuhan


”Konsep layar sentuh drag and drop kini mulai banyak digunakan vendor-vendor, selain menawarkan kemudahan navigasi, ada senasi baru dengan teknologi ini”

Tren ponsel dengan kemampuan layar sentuh kian menjamur, dominasi layar sentuh yang tadinya didominasi oleh kelas PDA phone kini bergeser pada perangkat handset jenis lain, contohnya seperti Apple iPhone yang mempopulerkan layar sentuh dengan terobosan konsep drag and drop. Konsep drag and drop menawarkan sensasi baru buat para pengguna dalam olah navigasi. Membuat batas perbedaan layar ponsel dan layar PC kian tipis. Nah, salah satu vendor yang mengikuti jejak konsep iPhone adalah Samsung Mobile yang menghadirkan seri SGH-F480.

Samsung SGH-F480 jika ditilik memang berkiplat pada iPhone, selain konsep layar sentiuh drag and drop, di ponsel ini juga tak dibekali keypad konvensional, semuanya serba virtual. Selain iPhone, sebelumnya LG Viewty terlebih dahulu hadir di Tanah Air dengan konsep teknologi yang serupa. Antara LG Viewty dan SGH-F480 memiliki komparasi fitur yang nyaris serupa, diantaranya kamera 5 Mpix, akses internet HSDPA dan fasilitas musik lengkap termasuk built in FM radio. Melihat dari kelasnya, F series digolongkan oleh Samsung sebagai ponsel dengan fokus pada keunggulan musik.

















Layar

Secara tampilan dan material yang digunakan, layar ponsel ini sangat memikat. Hampir 90% olah navigasi dilakukan langsung di layar tunggal yang memiliki bentangan ukuran 43x57 mm, atau sekitar 2,8 inchi. Moda layar dibagi jadi 2 tampilan, yakni menampilkan pilihan menu dan widget. Widget yakni visual wallpaper dan menu-menu shortcut. Pengujian : Melakukan olah navigasi ke beberapa menu, termasuk fungsi musik. Nilai : 3,8. Catatan : Kemampuan drag and drop hanya bisa digunakan pada tampilan widget.

Keypad
Bicara keypad berarti dalam artial virtual, meski begitu untuk menampilkan deretan ’keypad’ terbilang cukup mudah. Semisal untuk mengetik SMS, cukup hentakan jari 2x ke layar, ’keypad’ pun otomatis muncul. Begitu juga lebih mudah untuk fungsi dial keypad. Pengujian : Melakukan pengetikan SMS dan dial phone number. Nilai : 3,5. Catatan : Butuh sedikit penyesuain, sebab jari telunjuk Anda yang akan menggantikan peran stylus pen. Untuk mengetik panjang jari telunjuk terasa akan cepat lelah.

Desain
Desain ponsel ini sedikit lebih kecil ketimbang LG Viewty (103.5 x 54.4 x 14.8 mm), tapi secara keseluruhan sangat mirip. Selain paduan navigasi di layar sentuh, terdapat tombol jawab, tombol akhiri panggilan/on off dan tepat dibagian tengahnya ada tombol aktivasi untuk akses shortcut ke 4 menu pilihan yang bisa di kustomisasi. Pengujian : Mencoba beberapa tombol dibawah layar untuk fungsi dialing. Nilai : 3,7. Catatan : Selain tombol tadi, masih ada bekal tombol akses kamera dan tombol volume. Semua terkesan sangat minimalis.


















Musik
Kodrat F series adalah sebagai ponsel musik. Ini diperlihatkan dengan pemberian menu khusus pemutar musik. Aneka format musik bisa diputar seperti MP3/AAC/AAC+ player. Fasilitas navigasi lumayan lengkap dengan fitur genre, albums, composer, podcast, artiss dan playlist. Tak ketinggalan kemampuan shuffle, multi taksing dan efek equalizer lengkap. Pengujian : Memutar musik MP3 via speaker dan headset. Nilai : 3,4. Catatan : Menu pemutar musik bisa dibilang cukup memuaskan, tapi tampaknya tidak ada sesuatu yang benar-benar baru pada ponsel ini.

Kamera
Salah satu daya tarik SGH-F480 terletak pada kemampuan kamera 5 Mpix (2560x1920 pixels) yang didukung flash light. Fitur kamera pun tergolong memadai seperti aneka efek, timer, white balance, ISO, exposuremeter, panorama dan multi shot. Pengujian : Melakukan pemotretan dengan resolusi tertinggi plus menjajal fitur anti shake. Kamera dibekali digital zoom hingga 12x pembesaran. Nilai : 3,5. Catatan : Untuk penggunaan optimal pemotretan pada wajah, bisa memanfatkan fitur face detection.

Rekam Video
Fitur pendukung pada fasilitas rekam video pada dasarnya serupa dengan yang ada di menu kamera. Rekam video bisa di set on/off audio dan zoom hingga 12x. Panjang durasi rekam bisa di set nomal dan limit for MMS. Ada dua pilihan resolusi video, yakni 320x240 dan 176x144 pixels. Pengujian : Melakukan rekam 10 detik dengan resolusi maksimum. Nilai : 3,5. Catatan : Resolusinya masih terbilang kurang memadai untuk standar ponsel multimedia yang rata-rata kini berstandar VGA (640x480 pixels).

Internet
Ponsel ini termasuk kaya untuk urusan internet, bekal aksesnya terdiri dari GPRS kelas 12, EDGE kelas 12, 3G dan HSDPA dengan maksimum speed 7,2 Mbps. Kinerja internet didukung oleh Net Front Browser v3.4. Layar bisa menanpilkan format xHTML dan HTML. Fasilitas link ke blog (ShoZu) juga memperkaya menu internet yang ada. Pengujian : Membuka tampilan situs Google dengan salah satu kartu prabayar, hanya makan waktu kurang dari 5 detik. Nilai : 3,6. Catatan : -

Memori
Total memori internal yang tersedia adalah 232 MB, selain ada bekal tambahan kartu memori eksternal (Micro SD) hingga kapasitas maksimum 8GB. Hal ini menjadikan memori sangat powerful untuk mendukung beragam aplikasi. Besarnya memori tentu sangat bermanfaat untuk menyimpan kolekis game, gambar dan musik. Slot memori mengadopsi konsep hot swap. Pengujian : Memasang Micro SD 2GB dengan koleksi MP3 70 persen. Nilai : 3,6. Catatan : -

FM Radio
FM radio menjadi pelengkap pada kemampuan musik. FM radio bisa berjalan via speaker phone dan headset. Pemilhan channel bisa dilakukan self tuning atau otomatis, total Anda bisa menyimpan database 40 channel stasiun radio. Kelebihan lainnya yakni terdapat fitur song recognition, Anda bisa mengenali lagu yang diputar di radio. Fitur ini berjalan lewat akses internet. Pengujian : Memutar siaran radio via headset dan menjalankan moda multi tasking. Nilai : 3,4. Catatan : Koneksi masih mengandalkan sambungan headset.

Konektivitas
Bluetooth adalah bekal konektivitas nomer satu, bluetooth berkemampuan lengkap mulai dari printing, push object hingga stereo headset A2DP. Fasilitas koneksi kedua yakni USB kabel data untuk berkirim file dan sinkronisasi ke PC. Pengujian : Berkirim dan menerima file dalam format MP3. Nilai : 3,5. Catatan : Sebagai ponsel dengan fitur musik canggih, sedikit disayangkan SGH-F480 tidak dibekali female jack 3,5 mm.

Kinerja
Ponsel ini memberi perhatian lebih pada fungsi imaging, ini dibuktikan dengan bekal fasilitas image editor. Untuk video pun tak ketinggalan sudah dilengkapi fasilitas editor tersendiri. Kinerja menu-menu tergolong cepat dan berfungsi dengan baik. Fungsi panggilan dan penerimaan suara cukup jernih. Hanya sayang dalam versi ujicoba belum ada fitur document (picsel) viewer dan editor. Keberadaan music recognition mengingatkan pada fitur yang sebelumnya diperkenalkan pada seri SGH-i450.

Kinerja Baterai
Data Vendor
Ponsel ini menggunakan jenis baterai Lithium Ion 1000 mAh. Waktu siaga yang bisa dicapai yakni 250 jam dan waktu bicara 3 jam.

Hasil Pengujian
Dalam uji coba, ponsel di charge full lalu diaktifkan meloddi musik MP3 (25 lagu). Ternyata bar indikator baterai hanya berkurang satu level.


Samsung SGH-F480 Skor : 3,5

Spesifikasi
DESAIN Candy bar
DIMENSI 98.4 x 55 x 11.6 mm
BERAT 100,6 gram
RINGTONE Polifonik 64 cord, MP3

PROSESOR --
Sistem Operasi proprietary
Jaringan GSM 900/1800/1900/WCDMA/HSDPA 2100

Layar
Layar Luar tidak ada
Kedalaman warna tidak ada
Ukuran tidak ada
Resolusi tidak ada
Layar Dalam ada
Kedalaman warna TFT 262 ribu warna
Ukuran 2,8 inchi
Resolusi 240 x 320 pixels

Memori
Internal 232 MB
Eksternal 8 GB (Micro SD)
Hotswap ada
Phonebook dinamis (1000)
Call record ada
SMS record 500

Konektivitas
GPRS kelas 12
EDGE kelas 12
HSDPA Ada, 7,2 Mbps
WLAN/WI FI tidak ada
Bluetooth 2.0
Infrared tidak ada
Kabel Data USB 2.0
PC Sync ada


(Jul08)

Tidak ada komentar: