24 Jul 2011

Open Signal Maps - Pantau Sinyal Operator/WiFi dari Hape














Harus ada ‘pegangan’ sebelum bicara soal kualitas layanan data operator, salah satu kuncinya bisa Anda peroleh lewat Open Signal Maps


Buat Anda yang ‘rajin’ komplain seputar urusan akses data, baik data dari operator dan WiFi, rasanya pas bila menjajal aplikasi yang diberi nama Open Signal Maps. Aplikasi yang dirancang untuk berjalan di platform Android ini mampu memantau kekuatan sinyal yang ada di hape. Tentu tak sekedar mantau, lewat Open Signal Maps Anda juga bisa memantau arah sinyal terkuat yang bisa ditangkap dari hape, prinsip kerjanya mirip kompas. Anda akan diberi petunjuk arah sinyal terkuat, baik sinyal yang berasal dari BTS (base transceiver station) atau sinyal dari hotspot WiFi.

Aplikasi dengan tema pantau kekuatan sinyal memang sudah banyak, tapi banyak pula diferensiasi yang ditawarkan aplikasi gratisan ini. Contoh yang menarik, dengan dukungan GPS (global positioning system) yang ada di hape Android, Anda bisa memetakan (mapping) lokasi BTS/WiFi hotspot. Ada lagi hebatnya, tersedia menu untuk mengukur kecepatan akses, dari situ bisa terlihat performa akses data operator, pengukuran performa mencakup saat upload dan download.

Hasil informasi yang diperoleh dapat dituangkan dalam info grafik dengan info kualitas berdasarkan kekuatan dBm (desibel meter). Atau bila ingin lebih sederhana, Anda bisa lihat kekuatan sinyal bilangan persentase. Banyak manfaat dengan menjajal aplikasi ini, semisal Anda bisa membandingkan kualitas akses data antar operator di area Anda, dan performa BTS di suatu wilayah pun bisa Anda intip. (Haryo Adjie Nogo Seno)


Spesifikasi
Sumber : Download langsung dari Android Market atau http://www.androidsoftware.us/Applications/Open-Signal-Maps-beta.html
Harga : Gratis
Besar File : 1,1 Mb
Perangkat Pendukung : Android OS 2.1 keatas

1. Tampilan menu awal saat membuka aplikasi


















2. Poin-poin lokasi BTS dah hotspot yang ditampilkan dalam map GPS

















3. Arah menara BTS/hotspot terkuat bisa ditampilkan ibarat jarum kompas. Juga disertakan indikator persentase kekuatan sinyal.

















4. Visual grafik dari kekuatan sinyal dalam dBm.


















5. Performa hasil speed test data, mencakup unsur download dan upload.

















6. Terdapat tips untuk meningkatkan kekuatan sinyal, troubleshooting, info menara BTS, dan aplikasi ini bisa berjalan multitasking.






Tidak ada komentar: