20 Jan 2010

Microsoft My Phone
















Sinkronisasi OTA Ala Windows Mobile


Akhirnya Windows Mobile punya fitur sinkroniasai data OTA (over the air), terbilang lengkap dengan dukungan LBS dan menu keamanan data terpadu


Sistem operasi Windows Mobile (Winmo) yang dibesut Microsoft kembali memperkenalkan sebuah fitur baru, My Phone. Fitur ini pada dasarnya berperan sebagai solusi backup data dari ponsel ke dalam server Microsoft, tentu yang digadang lewat jalur OTA mobile akses internet. Solusi backup ini dapat menjadi pilihan alternatif yang baik dan aman, selain backup data lewat sinkronisasi ke PC (personal computer). Sekilas fitur My Phone tak ubahnya melihat kelengkapan menu di Sync Outlook, termasuk Sync contacts, calendar, task, dan text message (SMS).

Tapi fitur terbaru Winmo ini tak sebatas hadir dengan kemampuan itu saja. My Phone dapat melakukan sinkronisasi untuk browser favorites, photos, videos, document, dan bahkan mampu sinkronisasi untuk data yang ada di kartu memori. Masih yang lebih hebat, My Phone dilengkapi current location LBS (location based service) GPS, berguna bila ponsel hilang, pengguna dapat mengetahui lokasi terakhir lewat Map digital. Masih seputar keamanan data, My Phone dilengkapi menu untuk menghapus data di ponsel secara otomatis. My Phone ditawarkan sebagai fitur embedded di Winmo 6.5, tapi fitur ini bisa di download gratis di ponsel Winmo 6.0 dan 6.1.

1.
Untuk memulai, Anda harus memiliki akun Windows Live ID. Bila Anda belum punya, tersedia link untuk langsung membuat akun email live.com, msn.com dan hotmail.com






2.
Kami menjajal My Phone di ponsel Samsung Omnia Pro, walau My Phone sudah embedded, tetap tetap diminta upgrade ke versi 01.05.2128.0401.






3.
Setelah lewat proses input username dan password, masuk ke sync options. Anda bisa memilih opsi pilihan data yang akan di sinkronisasi.






4.
My Phone dilengkapi sync schedule, bisa diatur frekuensi sync secara manual dan otomatis. Untuk opsi otomatis, bisa diatur berdasar setting hari dan waktu.






5.
Untuk share foto, ada pilihan share berdasarkan pilihan foto tertentu atau semuanya. Anda juga bisa share foto ke beberapa situs jejaring sosial.






6.
Kecepatan proses sync bergantung pada jenis konten yang di share dan kualitas koneksi internet. Untuk sinkronisasi data berupa foto dan lagu akan terasa lebih lama.






7.
Saat proses sync berjalan, Anda bisa menghentikan lewat ”stop using service”, data Anda di ponsel dijamin tak akan hilang.







8.
My Phone dapat diakses via web di http://myphone.microsoft.com. Hasil share dapat dilihat di web ini, termasuk untuk navigasi menu LBS dan keamanan data.






Sumber : http://myphone.microsoft.com
Besar File : 1,27 MB
Harga : Gratis
Ponsel Pendukung : Windows Mobile Pocket PC dan Smartphone 6.0, 6.1, dan 6.5.

Tidak ada komentar: