21 Des 2009

EDGE Evolution


















Turbo Akses Internet dari Standar 2G

Setelah lima tahun ”beredar”, kini saatnya EDGE berevolusi dengan performa yang ditingkatkan. Salah satunya pengingkatan bit rates hingga 1 Mbps


Bila diperhatikan ada beragam indikator pada layar ponsel, diantaranya indikator kekuatan jaringan dan status teknologi jaringan. Kedua indikator jaringan tersebut bersifat dinamis, artinya menyesuaikan dengan kualitas dan cakupan layanan operator yang bersangkutan. Oleh sebab itu wajar bila kerap terlihat indikator kekuatan sinyal naik turun pada layar. Sedang indikator status teknologi jaringan ditandai dengan beberapa ikon yang popular, contohnya ikon G (GPRS), E (EDGE), 3G dan H (HSDPA). Tentu munculnya ikon-ikon tadi disesuaikan dengan kemampuan fitur internet yang ada di ponsel Anda.

Disisi lain, sesuai dengan semangat operator untuk membangun layanan mobile broadband, teknologi 3G dan HSDPA terlihat gencar digaungkan. Tapi faktanya, coverage 3G operator masih terbatas di kota-kota besar. Maka jangan heran bila status sinyal 3G di layar ponsel kerap muncul dan hilang seketika. Nah, untuk mengatasi belum ratanya penyebaran 3G, operator sejak lima tahun lalu telah mengimplementasi teknologi EDGE (Enhanced Data Rates for GSM Evolution). Hampir tiap operator selular kini menempatkan EDGE sebagai pelengkap layanan mobile internet broadband.

Sedikit mengingat, ada beberapa hal yang membuat EDGE menjadi primadona dalam implementasi jaringan. Diantaranya EDGE secara teori mampu dikebut hingga 384 Kbps. Investasi EDGE pun tak sebesar 3G, EDGE dapat beroperasi di rentang frekuensi yang sama dengan GSM, sebaliknya 3G butuh rentang frekuensi khusus dan operator harus membeli lisensi. Implementasi EDGE terbilang cepat, cukup upgrade software di jaringan yang tersedia. Antara teknologi 3G dan EDGE bisa berjalan seamless, bila sinyal 3G disuatu area ’keok’ maka otomatis langsung switch ke EDGE. Itu semua yang membuat EDGE terus diminati.

Bukti larisnya EDGE juga dinyatakan oleh lembaga riset In-Stat pada awal awal April 2009, disebutkan pasar BTS EDGE global mencapai lebih dari 40 persen di tahun 2008. Untuk pasar Indonesia, 80 persen pasar penjualan BTS dikuasasi segmen GPRS dan EDGE. Setelah lima tahun berjasa melayani akses internet operator, eksistensi EDGE tidak terlihat surut, justru dengan nilai ekonomisnya EDGE berusaha ditingkatkan kemampuannya oleh beberapa vendor yang tergabung dalam GSM Community.

Secara faktual bit rates EDGE yang dinikmati ke pelanggan baru mencapai 250 Kbps dengan latency 150 ms (mili second). Latency adalah waktu yang dibutuhkan data untuk melalui koneksi tertentu, atau dikenal juga dengan sebutan TTI (Transmission Time Interval). Nah, lewat terobosan baru yang dikenal lewat EDGE Evolution, disini performa dan kualitas EDGE ditingkatkan secara optimal. Vendor pelopornya adalah Ericsson dan Nokia Siemens Network (NSN). Tujuan EDGE Evolution yang masuk dalam standar 3GPP release 7 yakni meningkatkan kecepatan akses (bit rates) dan mengurangi TTI, sehingga akses internet mobile bisa dirasakan lebih cepat.

Perbandingan bit rates antara GPRS, EDGE standar dan EDGE Evolution
















Selain upgrade software, implementasi EDGE Evolution membutuhkan perangkat dual antenna dan tambahan time slot. Sebagai perbandingan EDGE standar saat ini mempunyai 5 time slot, sedang di EDGE evolution bakal menggunakan 10 time slot dan 12 MCS (Modulation and Coding Schemes). Alhasil EDGE Evolution secara teori mampu dikebut hingga bit rates 1 Mbps dengan optimalisasi pada elemen downlink, hal ini dapat tercapai antara lain berkat efisiensi spectrum dan pengurangan TTI sampai dibawah 80 ms. Dengan performa akses 1 Mbps, EDGE menjadi sangat handal melengkapi layanan 3G. Beragam layanan khas mobile broadband tentu begitu mudah dijalankan EDGE generasi baru ini, bahkan dalam rilisnya, Ericsson menyebut akses EDGE Evolution mampu tekoneksi dengan baik pada layanan ADSL hingga kecepatan 500 Kbps.

Sampai saat ini belum ada operator yang menggunakan EDGE Evolution secara komersial, tapi menurut berita di www.cellular-news.com, pada bulan September lalu EDGE Evolution telah dilakukan uji coba oleh operator di Cina, tapi sayang tidak disebutkan nama operator yang menjajal teknologi ini. Dengan keunggulan yang ditawarkan EDGE Evolution, rasanya pas untuk diadopsi oleh operator GSM di Indonesia untuk memperkuat kualitas jaringan EDGE yang kini sudah tersebar luas. (Haryo Adjie Nogo Seno)





Tidak ada komentar: