27 Des 2010

Samsung SGH-i780 - Pelopor Trackpad Untuk Smartphone
















Trackpad dilirik ibarat fitur baru nan aduhai, tapi sebenarnya fitur ini sudah hadir sejak 2007. Dipelopori oleh Samsung SGH-i780 yang dikenal sebagai smartphone Samsung terlaris di Indonesia



Apa aja sih ukuran canggihnya sebuah hape? Jawabannya pasti banyak, bisa ini itu, sesuai pemahaman tiap-tiap orang yang beda. Tapi dari sekian ukuran, tombol navigasi di hape bisa jadi salah satu standar yang boleh dihitung. Contoh gampangnya, sekarang lagi trend hape yang navigasi menunya pake trackpad. Berkat trackpad, performa navigasi menu hape jadi meningkat, untuk masuk atau jalan-jalan antar menu, kamu cukup sentuh area trackpad lewat sapuan jemari.

Trackpad pun sudah jadi alasan orang untuk mengganti hape, maklum trackpad jadi populer setelah digadang BlackBerry seri Gemini, Onyx dan Torch. Beberapa hape BlackBerry yang bakal muncul gosipnya juga mengandalkan trackpad sebagai fitur andalan. Bisa dibilang trackpad adalah pengganti era trackball di hape BlackBerry. Tapi tahukah kamu, bahwa justru bukan BlackBerry yang menjadi pelopor teknologi trackpad di hape pintar.

BlackBerry memang terbukti sukses membuat kondang trackpad, tapi pelopor fitur ini sebenarnya Samsung SGH-i780. Hape pintar dengan platform Windows Mobile Profesional ini sudah melenggang di pasar hape nasional sejak April 2007. Saat peluncuran hape dengan teknologi layar sentuh ini di bundling dengan paket T-Flash Telkomsel.

SGH-i780 juga menjadi hape Windows Mobile pertama yang hadir dengan komposisi – desain candy bar, berlayar sentuh dan dilengkapi qwerty keyboard, bisa disebut sebagai hybrid phone. Awal dipasarkan hape ini mengusung platform Windows Mobile 6.0, kemudian dapat di upgrade ke versi 6.1. Hape yang kondang dengan sebutan IJBO ini statusnya kini sudah discontinue alias tak diproduksi lagi.

Pihak PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN), selaku agen tunggal pemegang merek Samsung di Indonesia menyatakan SGH-i780 sebagai smartphone dengan penjualan terlaris. Diperkirakan populasi SGH-i780 mencapai 50 ribu unit, belum termasuk SGH-i780 yang beredar secara BM (black market). Hape ini terbilang ngetop pada eranya, pasalnya selain punya desain yang kompak, fiturnya juga seabreg, sebut saja ada 3G/HSDPA, WiFi b/g, bluetooth A2DP, built in GPS dan kamera 2 Mpix. Trackpad di hape ini juga dilengkapi sensor optik, jadi bisa di setting kadar sensitifitasnya.

Momen popularitas SGH-i780 terjadi setelah hape ini turun harga disekitar Rp3,5 – Rp4 juta, maklum harga perdana hape ini lumayan mahal, Rp5,5 juta. Hingga kini IJBO menjadi satu-satunya smartphone legendaris Samsung yang punya wadah komunitas paling eksis, baik di Facebook dan Kaskus. Setelah SGH-i780, Samsung juga mengadopsi trackpad untuk seri SGH-i900 Omnia. Tapi sayang, sebagai pelopor trackpad Samsung Mobile justru terlihat tak konsisten menghadirkan fitur ini di smartphone generasi terbarunya. (Haryo Adjie Nogo Seno)

Tidak ada komentar: