22 Okt 2010

Layar AMOLED Lebih Mahal




















Bila dicermati, ponsel dengan layar berteknologi AMOLED (Active-matrix organic light-emitting diode) memang baru beberapa gelintir yang hadir di pasaran lokal. Berkat layar AMOLED, performa visual layar ponsel bisa tampil lebih tajam dan lebih hemat energi. Tapi yang lebih utama, jenis layar ini sangat pas digunakan pada lingkungan outdoor, singkat cerita kalau menatap layar dibawah terik matahari, visual layar masih terlihat jelas. Inilah salah satu keunggulan komparatif AMOLED.

Tapi bukan perkara mudah buat tiap vendor mengadopsi AMOLED untuk smartphone terbarunya. AMOLED diketahui punya komponen harga lebih mahal ketimbang teknologi layar sebelumnya, contohnya seperti TFT (thin film transistor). Selisih harga komponen layar AMOLED dan TFT menurut sebuah sumber dapat mencapai US$12. Tentu ini membuat pihak vendor harus berpikir matang untuk mengadopsinya. Bila tak benar-benar smartphone 'spesial' tak mungkin dibekali AMOLED.




















Itulah salah satu alasan, mengapa smartphone berbentuk tablet masih jarang dibekali AMOLED, dan masih bertahan dengan TFT. Tak lain untuk menekan harga jual ke konsumen. Beberapa vendor yang juga memproduksi sendiri layar AMOLED tentu lebih mudah mengimplementasi jenis layar ini, sebut saja seperti Samsung dan LG. (Haryo Adjie Nogo Seno)

Tidak ada komentar: