8 Jul 2010

SMS Sync Up - "Backup Data SMS ke Gmail"



















SMS kerap menjadi barang bukti andalan saat terjadi perkara. Dengan SMS Sync Up Anda bisa mengatur backup SMS secara berkala ke Google Mail (Gmail)


Sejak dahulu hingga kini, urusan backup menjadi isu yang penting dalam penggunaan ponsel. Pengguna ponsel pada hakikatnya ingin semua info dan data-data penting yang ada di dalam ponsel dapat terlindungi lewat aplikasi backup. Aplikasi di segmen backup sudah banyak beredar dengan beragam keunggulan. Kali ini SELULAR menjajal aplikasi baru untuk backup di segmen Windows Mobile. Aplikasinya diberi label ”SMS Sync Up” dan mempunyai cara kerja sederhana dengan mensinkronisasi SMS ke dalam inbox Gmail.

Konten SMS yang dapat di backup mencakup di folder inbox, sent items, draft, dan deleted items. Anda pun bisa mengatur jumlah SMS yang bakal di sinkronisasi ke Gmail. Aplikasi ini berjalan lewat jalur IMAP (Internet Message Access Protocol). Hebatnya lagi ada kemampuan sinkronisasi otomatis lewat menu schedule daily run. Aplikasi ini diciptakan oleh Mohit Sapru, seorang analis programer dari India. Untuk menjajal ”SMS Sync Up” cukup mudah dengan file CAB dan Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis. (Haryo Adjie Nogo Seno)



Sumber : http://www.freewarepocketpc.net
Besar File : 53 Kb CAB
Harga : Gratis
Ponsel Pendukung : Windows Mobile 5/6 dan 6.1


1. Langkah pertama menggunakan aplikasi ini dengan memilih akun Gmail yang akan dituju. Anda bisa menginput username manual atau otomatis dari akun Gmail dalam ponsel.









2. Anda bisa memilih folder SMS yang akan disinkronisasi, tersedia pilihan folder inbox, sent items, draft, dan deleted items.










3. Dalam sinkronisasi Anda bisa mengatur jumlah upload limit SMS yang akan dikirim. Tidak ada batasan untuk jumlah SMS.










4. Terdapat pengaturan schedule daily run, menu ini menjadikan proses sinkronisasi berjalan otomatis lewat setting jam dan menit.










5. Setelah proses setting selesai, selanjutnya tab ”sync SMS folder”. Sebelum koneksi internet tersambung muncul info “Should I Sync” pada layar.









6. SMS backup setelah masuk ke inbox Gmail. Setiap subjek email dilengkapi info folder. Tiap SMS juga disertakan info metadata, seperti tanggal dan waktu saat kirim atau terima SMS.

Tidak ada komentar: