4 Mei 2009

Asiafone AF808



















Ponsel Fesyen Bergaya ”Luis Vuitton”


“Ponsel fesyen dengan tampilan mewah tak selalu identik dengan harga mahal. Itulah yang ditunjukkan Asiafone AF808 yang mengusung selera desain Luis Vuitton”

Vendor dengan merek lokal terbilang jarang menghadirkan produk di segmen fesyen, tapi beda dengan yang dilakukan Asiafone lewat seri AF808. Ponsel anyar ini justru hadir unik dengan rancangan khas ponsel fesyen. Nuansa mewah umumnya terkait erat dengan harga yang mahal, hal ini yang dicoba ditepis pihak Asiafone, walau tampilan luar AF808 terkesan mewah, harga bandrol ponsel ini dijual dibawah Rp1 juta. Fitur AF808 juga lumayan update di kelasnya, bisa dijumpai akses GPRS, kamera megapixels, female jack 3.5 mm, FM radio dan bluetooth.

Desain yang diadopsi bukanlah berasal dari rancangan yang lebih dulu ada, melainkan inspirasi dari kemewahan Luis Vuitton (merek terkemuka pembuat tas wanita dari Perancis) yang kaya paduan warna emas dan coklat. Hal ini tampak jelas pada back cover yang menampilkan logo AF yang mirip ornamen logo Luis Vuitton (LV). User interface (UI) AF808 juga terbilang unik dibanding ponsel produksi asal Cina lainnya. UI dibuat menarik dan sistematis, mirip dengan menu UI pada ponsel Samsung.

Desain
AF808 mengadopsi desain semi flip, dimana cover flip hanya dirancang sebagian untuk menutupi area keypad. Tampilan depan AF808 dominan dengan bahan plastik bernuansa ”mewah” plus list samping berwarna emas. Bila layar dalam posisi mati, cover depan bisa dijadikan cermin. AF808 dilengkapi slot headset 3,5 mm dan dual speaker pada back cover. Pengujian : menjajal akselerasi buka tutup auto flip. Nilai : 3,3. Catatan : AF808 tidak dibekali cermin untuk self portrait. Uniknya AF808 menggunakan jenis charger slot kecil Nokia, jadi dalam kondisi darurat AF808 bisa memakai charger Nokia.

Keypad
Keypad dirancang dengan konsep flat (datar) sehingga memudahkan penggunaan. Dalam deretan keypad dilengkapi dua tombol softkey. AF808 juga dibekali tombol navigasi empat arah yang menunya bisa di kustomisasi. Tiap tuts dirancang dengan diameter diatas 10 mm, sehingga cukup ergonomis. Di deretan keypad juga ada tombol shortcut ke menu pemutar musik. Pengujian : mengetik pesan SMS dan mencoba selancar menu lewat tombol navigasi empat arah. Nilai : 3. Catatan : Saat pemutar musik hidup, dua tombol dial dan tombol reject akan nyala berpendar hijau/merah.










Pemutar Musik

Pemutar musik bisa memutar format lagu MP3 dengan kemampuan multi tasking. Fitur yang ditawarkan relatif standar, yakni repeat, shuffle dan pilihan aneka equalizer (treble, party, pop, rock, bass, dance, classic dan normal). Yang cukup memukau di kelasnya, AF808 dilengkapi fitur bluetooth stereo. Pengujian : memutar lagu MP3 dengan volume maksimal. Mendengarkan musik lewat headset 3.5 mm. Nilai : 2,97. Catatan : Saat volume spaker dimaksimalkan, pancaran suara menjadi terasa pecah. Tapi kualitas musik dengan headset hasilnya cukup jernih.

Kamera
Di segmen kelasnya, AF808 terbilang cukup lumayan untuk urusan imaging dengan resolusi 1,3 Mpix (1280 x 960 pixels) Fitur yang melengkapi kamera adalah white balance, multi shot, white balance, night mode, pengaturan efek, add frame dan timer. Pengujian : melakukan pemotretan dengan resolusi tertinggi. Nilai : 2,76. Catatan : Kamera tak dibekali fasilitas flash light dan digital zoom. Multi tasking musik tak bisa dijalankan saat view finder aktif. Resolusi lain yang ditawarkan yakni 80x60/ 160x120 dan 320x240 pixels. Hasil uji membuktikan kualitas foto 1,3 Mpix ketika ditransfer ke PC berubah menjadi kualitas VGA (640x480 pixels)

FM Radio
Adanya FM radio kian membuat ponsel ini kaya warna hiburan. FM radio dilengkapi daftar saluran yang bisa menampung 20 channel radio, input manual FM dan pencarian otomatis. FM radio bisa dinikmati lewat speaker dan headset. Pengujian : mendengarkan radio dengan mencoba kemampuan multi tasking. Nilai : 2,9. Catatan : Koneksi FM radio harus menggunakan headset sebagai antena. FM radio tidak dibekali fungsi untuk merekam siaran. FM radio satu-satu aplikasi yang bisa bekerja tanpa dukungan memori eksternal.

Dual On GSM
AF808 mungkin jadi ponsel fesyen pertama yang ditawarkan dengan kemampuan dual on GSM. Pengaturan dual on dilakukan dari menu setting. Pilihan fitur yang ada yakni open dual on, open SIM card 1, open SIM card 2 dan moda flight mode. Pengujian : mencoba kemampuan dual on GSM, dan mencoba mengaktifkan salah satu SIM card. Kedua fungsi dapat berjalan baik, performa baterai pun tak nampak terlalu cepat terkuras di posisi standby. Nilai : 3,2. Catatan : Untuk fungsi panggilan telepon, pada urutan keypad terdapat dua tombol panggil yang berbeda warna.

Rekam Video
Masih seputar imaging, AF808 dibekali fitur rekam radio yang didukung mute on. Fitur yang melengkapi rekam video yakni white balance, night mode, pilihan frekuensi dan pengauran efek. Pengujian : merekam video selama 15 detik dengan kualitas tinggi. Hasil video berupa format AVI dengan besar file 914,6 Kb. Nilai : 3,0. Catatan : Tidak diketahui tingkat resolusi yang digunakan pada ponsel ini, hanya berupa indikator kualitas tinggi, sedang dan rendah. Baik kamera dan rekam video tak dibekali editor.

Kinerja
AF808 harus diakui menampilkan fitur dan fasilitas yang menarik di kelasnya. Tapi sayangnya performa AF808 sangat bergantung pada dukungan memori eksternal. Hampir semua aplikasi (player) tidak bisa dijalankan tanpa memori eksternal, kecuali radio. Meski dilengkapi bluetooth, untuk transfer data dari PC dan ponsel lain ke AF808 kerap menemui kendala koneksi. Tapi Anda tetap bisa menambahkan konten lagu lewat jalur input kopi kartu memori. Fungsi dual on dalam pengujian dapat bekerja dengan optimal. Startup menu AF808 juga tergolong cepat.

Asiafone AF808 Skor Akhir : 3

Kinerja Baterai Data Vendor
Ponsel ini menggunakan kapasitas baterai Lithium Ion dengan kapasitas 800 mAh. Versi vendor menyebut AF808 memiliki waktu siaga hingga 150 jam dan waktu bicara hingga 3 jam.

Hasil Pengujian
Meski kapasitas baterainya tak terlampau besar, dalam ujicoba performa baterai tergolong ekonomis pada saat diaktifkan di jaringan dual on. Indikator baterai hanya berkurang 1 bar setelah 2 hari pemakaian minimal dalam kondisi standby.

Spesifikasi
DESAIN Semi Flip
DIMENSI 108 x 45 x 15 mm
BERAT 106 gram
RINGTONE MP3/Polifonik/MIDI
PROSESOR --
Sistem Operasi Proprietary
Jaringan Dual on GSM 900/1800 Mhz

Memori
Internal -
Eksternal Micro SD (hingga 1GB)
Hotswap tidak ada
Phonebook 200
Call record ada

Baterai
Tipe Lithium
Kapasitas (mAh) 800
Standby time (jam) 150 jam
Talk time (jam) 3 jam

Hasil Pengukuran Audio
Musik 110 dB
Ringtone 101.8 dB
Human Voice 97.7 dB

Tidak ada komentar: