8 Mar 2010

Nokia Point & Find














Bernavigasi Lewat Kamera


Sebagian dari Anda mungkin pernah mendengar ulasan aplikasi pembaca barcode di ponsel. Cukup ambil foto pada obyek barcode, sim salabim, aplikasi langsung bekerja dengan memindai info parameter barcode. Hasil pindaian barcode bisa berupa identitas situs dan kartu nama. Solusi ini pun lumayan populer di luar negeri sebagai media promosi.

Melihat potensi pengembangan barcode, Nokia kini tengah menjajal aplikasi baru yang bertajuk “point & find”. Prinsip dasar aplikasi ini serupa dengan barcode, tapi ditambahkan solusi konvergensi lain, seperti GPS, kamera, dan konten data. Pengoperasian aplikasi ini cukup atraktif, setelah pengguna ponsel mengaktifkan layanan, selanjutnya dapat langsung memotret obyek secara nyata. Tak perlu mengambil obyek dalam jarak dekat layaknya barcode. Obyek nyata seperti gedung bertingkat, pusat belanja, poster film, dan aneka iklan di papan billboard bisa dipindai (scan) secara langsung.

Pada saat aplikasi berjalan, otomatis fungsi GPS menyala, sehingga hasil pemindaian yang dikirim ke server turut memuat informasi parameter koordinat GPS. Alhasil informasi balik yang diperoleh bisa lebih akurat berkat dukungan info koordinat GPS. Semisal, Anda mengambil foto iklan restoran di billboard. Hasil informasi balik yang di dapat berupa list restoran terdekat dari lokasi Anda berada, dan hebatnya diberi petunjuk rute ke lokasi restoran yang dipilih.

Untuk menjalankan fitur ini diperlukan akses internet operator atau WiFi. Menurut rilis resminya, fitur ini dirancang untuk kepentingan agensi iklan, retail, real estate, dan entertainment. Untuk itu Nokia mengundang pihak mitra bisnis guna mendaftarkan materi promonya lewat management portal yang dikenakan harga sewa per bulan. Fitur ini sudah di uji coba di Amerika Serikat dan Inggris sebagai kampanye media outdoor. Fiturnya sendiri dapat Anda unduh secara gratis. (Haryo Adjie Nogo Seno)

1.
Tidak semua ponsel Nokia bisa mengunduh aplikasi yang masih versi beta ini, salah satunya berhasil kami coba pada Nokie E71.







2.
Visual layar pindai obyek, dilengkapi pilihan city guide, add/remove world, dan 2D barcode.







3.
Sebelum terjadi transfer data ke internet, diminta untuk memilih akses poin.







4.
Anda bisa memilih add/remove world berdasarkan tema yang dipilih lewat navigasi menu carousel.







5.
Tak lupa, Anda juga bisa langsung terhubung ke situs Ovi Nokia.








6.
Visual pemindaian obyek barcode di sebuah kartu nama.









Sumber : http://pointandfind.nokia.com/
Besar File : 2,18 Mb
Harga : Gratis

Tidak ada komentar: