26 Feb 2012

Cam Measure, Ukur Tinggi dan Jarak Benda Langsung dari Hape
















Inilah aplikasi yang praktis dan berdaya guna tinggi, setiap saat Anda bisa mengukur ketinggian suatu benda, berikut jaraknya dari lokasi Anda. Tak perlu koneksi internet lho.

Suatu waktu ada seorang turis asing yang untuk pertama kalinya melihat tugu Monas (Monumen Nasional) di Jakarta. Salah satu yang menarik perhatian si turis adalah keingintahuannya tentang ketinggian Monas. Nah, tanpa perlu repot tanya sana sini dengan informasi yang belum tentu jelas, si turis pun mengeluarkan hapenya, dengan sekali jepret kamera, langsung lho si turis bisa tahu ketinggian Monas yang 132 meter itu, bahkan si turis bisa mengetahui jarak antara posisi dia berdiri dengan obyek yang dituju. Fantastis!

Cerita tadi bukan tentang aplikasi fiksi ilmiah. Anda juga bisa berlaga seperti turis tadi dengan men-download Cam Measure, sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengukur ketinggian dan jarak suatu obyek. Tentu perlu modal untuk menggunakan aplikasi ini, dari sisi hape, syaratnya hape pastinya harus yang berkamera, ditambah sudah dilengkapi fitur akselerometer. Untuk saat ini, Cam Measure baru bisa dinikmati untuk Anda pengguna smartphone Symbian S60 Nokia.

Konsep kerja sensor di Cam Measure menggunakan triangulasi, yakni mencari koordinat dan jarak sebuah titik dengan mengukur sudut antara titik tersebut dan dua titik referensi lainnya. Ditambah adopsi teori pitagoras untuk melihat sudut segita siku-siku, hal ini kemudian dapat dikalkukasi untuk mengetahui ketinggian dan jarak suatu obyek dari point of view. Untuk menggunakan aplikasi ini tak rumit, tak ubahnya seperti Anda mengambil obyek foto seperti biasa, hanya saja ada parameter tentang sudut kemiringan posisi yang harus Anda ikuti. Cam Measure tersedia dalam versi LITE yang gratis di download, tapi memiliki keterbatasan pada tiadanya fungsi zoom. Sedangkan versi berbayar juga sudah tersedia untuk di-download via Ovi Store. (Haryo Adjie Nogo Seno)

Spesifikasi
Sumber                : http://store.ovi.com/content/127636
Harga                    : Versi LITE gratis dan Versi Berbayar Rp3.000
Besar File             : 0,32 Mb
Perangkat pendukung  : Hape dengan Symbian ^3

1.     Saat pertama kali membuka aplikasi ini, klik “option”, kemudian lakukan kalibrasi untuk sensor akselerometer di hape. Digunakan untuk mengukur sensitifitas sudut kamera.








2.       Inilah visual bidang layar saat akan ‘membidik’ target. Anda harus pertatikan agar obyek yang difoto harus sejajar dengan parameter garis berwarna hijau.






     




3. Ilustrasi visual obyek yang akan diukur. Dapat diketahui ketinggian dan jaraknya. Tapi tetap akan ada deviasi, kemungkinan sekitar 5%.

4.       Hasil observasi ketinggian pada sebuah obyek dapat Anda simpan dengan resolusi VGA. Aplikasi ini lumayan berguna bagi Anda yang bergerak di bidang arsitektur dan bangunan.




Tidak ada komentar: