18 Jun 2011

Symbian yang Bikin Bingung




















Dalam sebuah wawancara yang diposting oleh Conversations.nokia.com (26/5/2011), Stephen Elop, CEO Nokia mengatakan, “pembaruan perangkat lunak untuk Symbian diharapkan akan terus dilakukan, setidaknya hingga 2016." Penjelasan diatas merupakan informasi tambahan mengenai beralihnya Nokia menggunakan Windows Phone 7 sebagai OS utama smartphone mereka. Elop pada Februari lalu juga menegaskan bahwa Nokia akan mengedarkan 150 juta smartphone berbasis Symbian sebelum akhirnya beralih dari OS tersebut.

Buat saya ada sedikit "keanehan" dari informasi diatas, satu sisi informasi yang dipaparkan Stephen Elop begitu fair dan jujur tentang strategi kedepan. Tapi disisi lainnya, bukankah pernyataan si boss Nokia tadi bisa berbuah negatif pada perspektif pasar? Alasannya jelas, siapa sih yang mau membeli produk dengan harga premium lalu sudah ditakar masa pengembangannya. Memang sih tahun 2016 masih lama, tapi buat bahasa marketing rasanya itu bukan sinyal yang tepat diutarakan, terutama oleh orang dalam Nokia sendiri.

Sebagai informasi, Nokia saat ini masih cukup gencar mengusung platform Symbian, setelah era keluarga Symbian S60 dan symbian^3, kini tengah bergaung di pasar OS terbaru Symbian Anna dengan seri smartphone Nokia E6 dan X7. (Haryo Adjie Nogo Seno)


Tidak ada komentar: