7 Jan 2011

2013, Mayoritas Smartphone Berbekal GPS, Akselerometer dan Giroskop
















Merujuk prediksi dari lembaga riset ABI awal Oktober tahun lalu, pada tahun 2013 mendatang diperkirakan mayoritas smartphone yang beredar di seantero bumi telah dilengkapi fitur GPS (global positioning system), akselerometer dan giroskop. Lebih detailnya, ABI mengungkapkan di tahun 2013, 85 persen smartphone akan dilengkapi GPS, sedang 50 persen smartphone akan dilengkapi akselerometer, dan 50 persen juga akan menggunakan giroskop.

Prediksi ABI mungkin tak akan meleset, melihat GPS dan akselerometer sudah menjadi fitur yang menjamur di generasi smartphone terbaru. “Meningkatnya penggunaan fitur bersensor canggih pada smartphone juga didorong oleh maraknya aplikasi seperti game, layanan LBS (location based service) dan augmented reality,” ujar Victoria Fodale, analis senior ABI. Smartphone anyar berbasis Android, Symbian dan Windows Mobile sudah umum dengan bekal fitur GPS dan akselerometer. Mungkin yang masih asing adalah giroskop, fitur ini sejatinya berfungsi untuk menjaga sudut kemiringan. (Haryo Adjie Nogo Seno)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

belum ntar ditambah lagi dengan NFC, kira2 aman ato tidak ya?

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

@ mas Rony,
mestinya aman ya mas, secara yg produksi kan bukan sembarang vendor, pastinya smartphone model gitu dibuat vendor2 besar yg punya sertifikasi untuk kelayakan dan standar keamanan internasional