22 Apr 2009

Nokia 5130 Xpress Music






















Berkualitas dan “Affordable”


”Minim koneksi data tak berarti ponsel ini minim performa, justru kekuatan di fitur musik dan messaging yang coba diangkat oleh Nokia 5130”

Tak berbekal fitur video call, akses 3G dan WiFi, kali ini Nokia memperkenalkan seri terbaru Xpress Music dengan pilihan harga yang lebih ”affordable”. Seri yang dimaksud yakni Nokia 5130 yang baru dirilis untuk pasar global di awal tahun ini. Sesuai segmennya, Nokia 5130 dirancang penuh untuk keunggulan pada fitur pemutar musik lewat menu-menu pengaturan yang atraktif, walau juga disediakan fitur pelengkap lain seperti kamera dua megapixels, dan internet berbasis GPRS.

Melihat dari segi bentuk, seri Xpress Music terbaru ini sekilas mirip dengan Nokia 5320 yang juga berada di segmen yang sama. Tapi ukuran Nokia 5310 sedikit lebih mungil. Bila ditilik dari kemampuan fitur, Nokia 5130 serupa dengan Nokia 5220 Xpress Music. Ponsel yang menggunakan user interface seri40 ini memiliki speaker dengan kualitas pancaran yang sangat baik. Meski tidak terlihat ada dual spaker, efek suara yang dihasilkan mencerminkan nuansa stereo yang prima. Nokia 5130 ditawarkan dalam dua pilihan warna, yakni merah dn biru untuk pasar Tanah Air.

Desain
Ponsel ini dirancang dengan desain simple sporty candybar yang cukup ergonomis Walau berukuran mungil, ponsel ini mengemban tugas ibarat sebuah MP3 player. Alhasil keberadaan tombol shortcut untuk pemutar musik sudah disiapkan pada sisi kanan body ponsel. Pengujian : mencoba beberapa tombol shortcut, tombol volume dan koneksi slot headset stereo 3,5 mm. Nilai : 3,5. Catatan : Untuk kemudahan bernavigasi musik, slot headset, slot charger dan slot koneksi data ditempatkan pada atas permukaan body ponsel.

Pemutar Musik
Fitur musik mampu memutar melode dengan format MP3/MP4/eAAC+ dan WMA. Menu pendukungnya mencakup shuffle, repeat, opsi equaliser, stereo widening dan music player theme. Pengujian : memutar musik dengan mengaktifkan stereo widening. Memutar musik lewat speaker dan headset stereo 3,5 mm. Nokia A2DP. Agar menikmati musik lebih semarak, bisa diaktifkan menu music light. Cahaya musik disko akan berpendar dari tombol shortcut musik sesuai irama bit musik. Nilai : 3,05. Catatan : untuk koneksi radio masih mengandalkan koneksi dengan headset.

Memori
Sesuai dengan segmennya, ponsel ini dibekali memori internal sebesar 30 MB. Sedang untuk kartu memori tambahan, Nokia 5130 bisa mendukung maksimum 2 GB. Dalam versi jualnya sudah dibekali MicroSD berkapasitas 1 GB. Pengujian : mengatur alokasi file data baik ke memeori di ponsel dan memori eksternal. Nilai : 3,67. Catatan : Nokia 5130 menggunakan konsep hot swap untuk memasukan dan mengeluarkan kartu memori. Jangan lupa tutup semua aplikasi sebelum menggunakan fasilitas hot swap.

Internet
Sebagaimana ciri khas ponsel Nokia, baik seri60 dan seri40 kini telah dilengkapi fitur setting wizard untuk pengaturan paramter internet dan MMS. Tidak ada yang rumit untuk menggunakan browser di ponsel ini. Setiap kartu yang Anda masukan, langsung bisa dikenali. Tentu sebelumnya kartu SIM sudah siap untuk GPRS. Pengujian : membuka beberapa situs di halaman WAP. Nilai : 3. Catatan : Ponsel ini telah dilengkapi GPRS kelas 32, tapi tetap saja performanya masih dirasa kurang untuk kebutuhan browsing cepat.

Flash Message
Flash message menjadi daya tarik dalam menu messaging. Flash message hanya mampu mengirim pesan sepanjang 70 karakter, tapi pesan ini dapat langsung ditampilkan di layar utama penerima secara langsung. Lain dari itu, long SMS dibekali hingga 1000 karakter. Fitur pendukung lainnya yakni audio message, instant messaging dan email. Pengujian : mencoba flash message dan SMS reguler. Nilai : 3. Catatan : audio message berupa pengiriman voice recorder dengan durasi rekam maksimum 6 menit 18 detik.

Kamera
Resolusi maksimum untuk kamera yakni 2 Mpix (1200x1600 pixels), sedang untuk rekam video adalah 176x144 pixels. Menu yang melengkapi adalah white balance, 4x zoom dan aneka opsi efek. Posisi layar view kamera bisa dirubah dari portrait ke landscape. Hasil foto dapat di share langsung lewat internet. Pengujian : memfoto dan merekam obyek dengan resolusi tertinggi. Nilai : 2,85. Catatan : Bisa dibilang hasil jepretannya kurang tajam, untuk resolusi video pun masih sangat rendah. Tidak ada flash light dan cermin untuk self portrait.

Voice Clarity
Saat berada di ruang yang bising tentu sulit untuk menerima pembicaraan di ponsel. Untuk itu Anda bisa aktifkan fitur voice clarity. Fitur ini terdapat dalam call setting. Yang juga menarik, ponsel ini dibekali voice recognition dalam pilihan logat bahasa Indonesia. Pengujian : mencoba menerima panggilan ponsel di pinggir jalan yang padat lalu lintas. Mengaktifkan fitur voice regocntion. Nilai : 3,5. Catatan : voice clarity sangat berguna untuk membantu orang yang kurang dalam kualitas pendengaran. Voice recognition juga bisa membantu orang yang kurang dalam penglihatan.

Kinerja
Ponsel ini tak disiapkan untuk kepuasan layanan data dan kamera, tapi harus diakui kualitas kemampuan pemutar musik cukup bagus. Bagian bawah back cover dibuat dengan lubang-lubang kecil untuk memperjelas pancaran suara musik. Rangkaian lubang dilindungi oleh lapisan plastik tipis yang transparan.

Nokia 5130 Skor Akhir : 3,1

Kinerja Baterai Data Vendor
Untuk kebutuhan musik, ponsel ini dibekali baterai Li-Ion BL-5C berkapasitas 1020 mAh. Waktu siaga yang dimiliki hingga 288 jam dan waktu bicara hingga 6 jam. Sedang untuk waktu memutar musik bisa sampai 20 jam.

Hasil Pengujian
Baterai diisi penuh, lalu diputar musik sepanjang dua jam. Indikator bar baterai belum berkurang.

Spesifikasi
Desain Candy bar
Dimensi 107.5 x 46.7 x 14.8 mm
Berat 88 gram
Ring Tone MP3/polifonik
Sistem Operasi Proprietary User Interafe seri40
Jaringan GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Prosesor -

Layar
Kedalaman warna 262 ribu warna
Ukuran 2 inchi
Resolusi 320 x 240 pixels

Memori
Internal 30 MB
Eksternal Hingga 2 GB
Hotswap ada
Phonebook dinamis
Call record ada
SMS record ada

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kenapa hp nokia xpressmusik susah di putar musik playernya

Anonim mengatakan...

knapa d express music tdak bsa d install real player?!