28 Apr 2008

Samsung SGH-V200





Ponsel Kamera Hemat Energi

Parade ponsel canggih nan cantik keluaran Samsung terasa membius banyak kalangan pengguna ponsel di Indonesia. Ini dapat dilihat antara lain dari kemunculan ponsel-ponsel Samsung yang tergolong cepat dan variatif dengan jangka waktu yang relatif berdekatan. Mulai awal tahun ini saja telah hadir seri SGH-A500, SGH-A800, SGH-T200, SGH-T400, dan si mewah SGH-T500. Tentu show of force ponsel Korea ini belum berhenti, malah diperkirakan yang dikeluarkan tadi belum seberapa. Apalagi diketahui jika Samsung Mobile Phone juga akan memasok ponsel berbasis CDMA (code division multiple access) dalam waktu dekat, maklum Samsung dikenal sebagai salah satu jawara pengembang jaringan dan ponsel CDMA di dunia.

Belum selesai publik domestik dibuat terpukau oleh SGH-T500 yang diluncurkan pada Februrai lalu, rencananya pada bulan Maret ini Samsung akan kembali akan membetot perhatian orang dengan mengeluarkan ponsel yang boleh dikata cukup canggih, dan sarat inovasi baru. Ponsel tersebut Samsung SGH-V200 yang menjadi kebanggan Samsung dalam berbgai road show nya di Singapura, Beijing, New York, dan Paris pada akhir tahun lalu. Samsung menyebut ponsel ini sebagai setengah James Bond, ini tak lain dari kelengkapan dan fitur memang tergolong unik, dan belum ada tandingan untuk kelas ponsel manapun.

Hadirnya LCD (liquid color display) dengan 65 ribu warna tentu bukan kabar baru bagi pecinta ponsel Samsung. Namun lewat SGH-V200 ditawarkan inovasi kamera, tentu bukan sembarang kamera pada ponsel konvensional, sebab kamera yang bersifat built in ini mampu diputar-putar. Hebatnya lagi kamera tersebut dilengkapi digital zooming dan brightness pada fokus yang akan di foto. Itu baru sedikit dari kemampuan fitur SGH-V200, sebab memang banyak fitur yang dapat diceritakan dari ponsel ini.

Tampilan
Soal tampilan pada SGH-V200 tidak terlalu berbeda dengan beberapa seri ponsel clamshell, khususnya dengan keluaran Samsung sebelumnya. Didesain dengan warna alumunium menjadikan ponsel ini terkesan sebagai produk berkelas. Ponsel ini dilengkapi dengan dual LCD, dimana LCD bagian luar menampilkan warna blue back light yang menginformasikan kondisi jaringan, baterai, jam, dan caller ID. LCD bagian luar juga dilengkapi dengan service light yang mengeluarkan cahaya pelangi. Sedangkan LCD bagian dalam menyajikan layar dengan 65 ribu warna dengan teknologi TFD (thin film dioda) beresolusi 128 x 160 pixels – 10 baris, yang cukup menunjang dalam membidik object foto.

Untuk tampilan tombol keypad pada SGH-V200 sama persis dengan saudaranya SGH-T200, didesain dengan ciri futuristik namun sangat ergonomis dalam pengoperasian. Desain keypad yang lebar tentu sangat memudahkan dalam pengoperasian untuk pengguna berjari besar. Sedangkan untuk softkey terpisah dari rangkaian navigation key, sehingga akan memperjelas kita dalam menekan tombol. Agak berbeda dari seri-seri terdahulu, sebagai ponsel berkamera maka SGH-V200 dilengkapi camera key yang terletak diantara softkey. Navigation key seperti biasa bergerak keempat arah, dimana pada bagian tengahnya terdapat tombol untuk akses internet.

Sedangkan untuk modul kamera terletak pada sudut putar atau engsel diantara folder. Kamera yang dapat berotasi 180 derajat memungkinkan pengguna untuk dapat membidik fokus pada diri sendiri. Perangkat penunjang seperti earphone jack, volume key, dan IrDA port terletak pada samping kanan badan ponsel. Ponsel ini memiliki dimensi 90,8 x 47,5 x 23 mm, dengan berat 96 gram. Ini lebih ringan dan kecil jika dibandingkan dengan ponsel andalan Panasonic yang sama-sama berkamera yaitu GD88 yang urung datang ke Indonesia. Panasonic GD88 berdimensi 97,5 x 49 x 23 mm, dan berat 103 gram.

Fitur
Performa kamera putar SGH-V200 menjadi primadona ponsel ini. Konsep kamera putar sebelumnya diterapkan pada PDA Sony Clie yang telah terlebih dulu hadir. Namun untuk kelas ponsel rasanya V200 merupakan yang pertama. Kamera dengan tipe CCD ini memiliki resolusi 352 x 288 pixels, dan dapat menampung hingga 100 picture dengan format JPEG. Kehebatan lain tombol volume dapat digungsikan untuk membolak balik objek kamera sesuka hati. Dengan perputaran manual, lensa 180 derajat SGH-V200 sangat memudahkan membidik objek dalam berbagai posisi yang tidak biasa. Pengguna dapat langsung mengetahui posisi dan proyeksi gambar, sebelum dilakukan pemotretan, tentunya berkat kecanggihan kamera putar.

Selain dapat memfoto secara langsung, kamera juga dilengkapi timer dengan hitungan mundur selama 10 detik, sehingga akan memudahkan kita untuk mengatur posisi sebelum difoto. Tidak hanya itu, kamera juga memiliki fungsi zooming hingga 20 kali pembesaran. Pencahayaan juga dapat disesuaikan dengan kondisi, jika kondisi cahaya terlalu terang maka dapat diredupkan, begitu pula sebaliknya. Hal ini berkat kehebatan si James Bond Asia yang memiliki fungsi brightness.

Menu yang terdapat di ponsel ini mencakup message, call records, camera, sounds settings, phone settings, organiser, network services, dan fun box. Terlihat camera merupakan menu tersendiri yang ditambahkan khusus pada ponsel ini. SGH-V200 mampu mengirim pesan (SMS) hingga 918 karakter. Nampak cukup menarik berkirim pesan dengan ponsel V200, untuk setiap pesan yang dikirim bisa ditambahkan add objects berupa sound, melody, dan picture. Untuk picture yang tersedia terdapat 24 koleksi animasi yang sangat menarik. Sedangkan kapasitas SMS pada ponsel mencapai 50 pesan, cell broadcast yang diterima juga dapat ditampung hingga 80 pesan.

Ponsel ini menggunakan jaringan triband (900/1800/1900 Mhz), pada menu network services Anda dapat melakukan manual setting atau automatic. Sedang untuk band selection dikelompokkan menjadi GSM 900/1800, dan GSM 1900. Tidak jauh berbeda dengan ponsel Samsung lain, kuailitas sound yang berpolifonik tergolong cukup baik. Terdapat 2 line, yang masing-masing terdiri dari 25 jenis nada dering dengan irama yang menarik seperti sambo party, wedding march dan chinese dance.

Total ponsel ini memiliki kemampuan 40 nada dering polifonik, namun V200 tidak memiliki melody composer, melainkan disediakan download untuk sound dan picture. V200 juga dilengkapi folder tone dan power on/off tone, dan extra tone.

Pada versi prototip yang dicoba Selular, V200 menggunakan GPRS kelas 8 yang tidak dilengkapi dengan kemampuan MMS (multimedia message service). Padahal beberapa versi yang diluncurkan di luar negeri telah dilengkapi MMS. Nantinya tidak menutup kemungkinan pihak Samsung Indonesia akan memasarkan V200 yang dilengkapi MMS mengingat animo pengguna ponsel yang semakin besar pada MMS. Untuk mengakses internet dapat dilakukan secara langsung melalui tombol tengah navigasi, bisa juga dapat melalui menu fun box. Pada menu fun box juga terdapat 3 games yang serupa dengan pendahulunya SGH-T200, yaitu x Fighter, space war, dan my pet. Pada prototip ponsel ini dilengkapi dengan layanan bahasa Inggris, Perancis, dan automatic.

Performa
SGH-V200 tergolong ponsel dengan padat teknologi tinggi, namun saat dicoba tidak ditemukan masalah berarti. Responsibilitas antar menu termasuk cukup cepat, dan kualitas warna pada layar bagian dalam sangat baik dan jernih, pencahayaan dapat diatur dalam display setting sehingga konsumsi energi dapat lebih dihemat.

LCD V200 menggunakan jenis TFD yang kualitasnya serupa dengan LCD TFT (thin film transistor). Bedanya dengan teknologi TFD konsumsi power jauh lebih hemat ketimbang menggunakan TFT. Jika TFT menggunakan resistor, maka TFD menggunakan dioda. V200 memiliki waktu siaga hingga 120 jam, dan waktu bicara hingga 4 jam jika menggunakan slim battery. Sedang jika menggunakan standard battery waktu siaga yang dimiliki hingga 140 jam, dan waktu bicara hingga 5 jam. Dalam pengetesan memang terlihat performa baterai cukup baik untuk kelas ponsel 4096 warna. Ponsel ini cukup nyaman digenggam walau agak sedikit lebar, cukup manis digunakan bersama hand strap.

Hadirnya fitur MMS mutlak diperlukan pada ponsel ini, sebab dengan segala kecanggihannya akan sangat sayang jika tidak dilengkapi MMS. Besar harapan agar versi yang dipasarkan di Indonesia dibekali dengan MMS. Untuk akses ke GPRS jangan lupa untuk mengganti antara pilihan GPRS dan data memlalui bearer. Tersedia dua tipe baterai untuk ponsel ini, yaitu standard battery (Bsl 1397SE)dan slim battery (Bst 1399SE) yang menggunakan 3,7 volt – 350 mA. Kedua jenis baterai memang tersedia dalam satu paket penjualan. Agak disayangkan pada paket penjualan tidak dilengkapi dengan data kit, padahal data kit yang mencakup CD software dan kebel data sangat dibutuhkan bagi sebuah ponsel multimedia.

Spesifikasi

Harga : Rp -
Layar : Color LCD 65 ribu warna TFD
Ukuran : 90,8 x 47,5 x 23 mm
Berat : 96 gram
Waktu bicara / waktu siaga : hingga 5 jam / hingga 140 jam
Jaringan : Triple band GSM (900/1800/1900 Mhz)
Phone book : 500 memory
Kemampuan download : Ya, gambar dan nada dering
GPRS : Ya, kelas 8
WAP : Ya, versi 1.2
Infrared modem : Ya
Games : Ya, 3
Fitur : EMS, rotating camera, calculator, short cut, T9, PIM (Personal Information Managament), to do list, curency converter.

(Apr03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar