28 Apr 2008

Motorola C380




Entry Level dengan MP3 Player

Kini tidak zaman nya lagi ponsel entry level berfitur biasa-biasa saja. Ini dibuktikan oleh Motorola yang siap meluncurkan seri C380 pada kuartal ketiga tahun 2004. Salah satu seri terbaru Motorola ini mempuyai beberapa keunggulan jika dibanding produk sekelasnya. Saat pertama dilihat, ponsel ini langsung mengesankan sebuah ponsel yang berdesain kompak, simpel tapi tidak mengesampikan kemampuan fitur.

Kehadiran Seri 380 seolah melengkapi beberapa ponsel Motorola yang sudah hadir pada kuartal kedua, seperti Motorola C650 yang tergolong sebagai ponsel kelas low mid end, lengkap dengan fitur-fitur modern. Baru selang satu bulan kemudian, Motorola C380 ditawarkan ke pasar lokal. Dari segi desain C650 dan C380 sama-sama mengusung konsep candy bar. Soal fasilitas dan fitur juga rada-rada mirip, seperti penggunaan layar 65 ribu warna, akses internet, instant messaging, aplikasi Java game dan MP3 player. Hanya saja C380 tidak dilengkapi fasilitas kamera.

Jadilah Motorola C380 ponsel entry level yang bernuansa entertainment. Sebab sedari awal memang difokuskan guna membidik terget pasar remaja dan dewasa yang kreatif. Melihat dari segi segmen harga dikabarkan C380 akan dilepas dengan harga dibawah Rp 1 juta. Ini lebih rendah dibanding C650 yang pertama dijual dengan harga Rp 1,5 juta.

Tampilan
Motorola C380 dirancang dengan desain ringkas, tidak terlalu banyak menyajikan pernak-pernik. Jika saudaranya Motorola C650 sarat dengan nuansa metal classy, begitu pun dengan Motorola C380. Setidaknya unsur metal terlihat cukup dominan pada bagian depan dan belakang ponsel, seperti yang terdapat pada daerah keypad, tombol navigasi hingga lingkaran seputar bingkai layar. Menjadikan ponsel ini cukup terlihat berkelas, jika di ingat-ingat sekilas ada kemiripan dengan Nokia 6230 dan Nokia 3120.

Walau termasuk ponsel entry level tetapi C398 boleh berbangga sebab sudah mengadopsi layar 65 ribu warna. Teknologi layar yang diguanakan adalah STN (super twisted newmatic) dengan resolusi 128 x 128 pixels. Dimensi layar C380 sekitar 30 x 30 mm, terkesan cukup pas dan nyaman dilihat.

Penggunaan fungsi keypad juga tidak berbeda dengan seri-seri sebelumnya. Ponsel ini dilengkapi short cut pada navi key dapat di setting sesuai dengan kebutuhan. Tidak ketinggalan smart button yang langsung dapat memudahkan untuk masuk ke deretan menu utama. Motorola C380 dirancang dengan cukup sederhana, untuk tombol pengatur volume suara bisa memanfaatkan pada navi key. Sebab ponsel ini tidak dilengkapi tombol khusus pengatur volume, yang umum nya terdapat di samping badan ponsel.

Untuk keperluan trensfer data langsung jarak dekat ponsel ini sudah dilengkapi USB (universal serial bus) konektor, terdapat di bagian bawah berdampingan dengan konektor charger. Sayang nya ponsel ini tidak dilengkapi fasilitas lain semacam bluetooth atau infra red. Adanya fasilitas MP3 akan semakin semarak dengan adanya integrated speaker. C380 menempatkan integrated speaker pada bagian bawah belakang badan ponsel. Integrated speaker ini juga berfungsi langsung sebagai buzzer jika muncul nada panggil.

Secara keselurahan C380 mempunyai ukuran dimensi 107 x 44,5 x 20,8 mm dan berat 91 gram. Sedikit lebih besar jika dibanding saudara nya C650 yang berdimensi 104 x 42 x 19 mm dan berat 88 gram.

Fitur
Soal fitur Motorola C380 paling mirip dengan saudaranya Motorola C650. Hanya saja seri C380 ditawarkan tanpa kelengkapan fasilitas kamera, baik built in maupun optional. Lain dari itu C650 dan C380 adalah saudara se fitur. Tapi ponsel anyar ini lumayan cukup bervariasi dalam menghadirkan fitur. Semisal akses data ponsel ini sudah mengadopsi GPRS (genaral packet radio services) kelas 10 (4 downlik + 2 uplink), fasilitas MMS, EMS versi 5.0 dan WAP 2.0 browser. Ponsel ini tidak dilengkapi memori eksternal, tetapi hanya mengandalkan memori internal sebesar 1,5 MB yang bersifat dinamis.

Dalam berkirim pesan lewat SMS ponsel ini menyediakan long SMS hingga 450 karakter. Terlihat masih kurang dalam hal kemampuan karakter, mengingat ponsel saat ini sudah banyak yang dilengkapi hingga karakter diatas 700. Menu personalisasi menjadi suatu kebutuhan buat pengguna ponsel saat ini, C380 dilengkapi menu setting untuk personalisasi pilihan home screen, main menu, color style, greeting dan wallpaper. Lewat menu setting juga dapat di sesuaikan pilihan untuk jenis ring style seperti loud, soft, vibrate, silent atau kombinasi vibrate ring.

Untuk built in ringtone disediakan lebih dari 40 MIDI ringtone pilihan ditambah kemampuan fasilitas moto mixer khas Motorola. Selain fotmat MIDI, ringtone juga kompatibel dengan format MP3. Tetapi sayangnya transfer data MP3 hanya terbatas bisa dilakukan lewat kabel data. Kesemua fitur tadi bisa didapatkan pada menu multimedia. Fitur penunjang entertainment penunjang ponsel ini adalah 2 games Java embedded seperti 1on1 ball dan billiard. Format Java di C380 sudah mengadopsi teknologi MIDP (mobile information device profile) 2.0, seperti yang terdapat pada Nokia 6600. Dengan Java MIDP 2.0 maka kemampuan download berbagai aplikasi akan lebih mudah disesuaikan.

Menikmati akses selancar internet dapat dilakukan melalui menu web access. Kelengkapan dalam web access mencakup browser yang menghubungkan langsung ke homepage operator, web shortcuts, stored pages dan history. Ponsel ini pun sudah dilengkapi auto setiting proxy, lewat web session dapat langsung dipilih operator GPRS lokal yang akan digunakan. Untuk layanan bahasa pada versi uji coba ini hanya didapati bahasa Inggris saja. Fitur lain yang dibawa ponsel ini adalah frekuensi GSM triband, 500 phone boook memori, dan lock application.

Performa
Cukup memuaskan itulah kesan yang didapat ketika mencoba ponsel ini. Diaantara performa yang terbilang memuaskan adalah akselerasi antar menu yang terkesan cepat. Kemampuan akses GPRS nya sangat bagus, ini bisa dimungkinkan berkat penggunaan GPRS kelas 10 dan tentunya kondisi jaringan operator GPRS yang digunakan saat dilakukan uji coba. Begitu pula performa pada uji penerimaan dan penerimaan voice benar-benar mulus, bahkan jika perlu lebih keras Anda bisa langsung mengaktifkan speaker phone dengan mudah.

Dari segi material, elemen plastik yang digunakan pada casing terasa cukup ringan, sehingga pas dan mantap jika digenggam. Penempatan lubang untuk hand/neck strep cukup unik, terdapat di bagian bawah berdekatan dengan connector USB dan charger. Namun bukan berarti tanpa kekurangan, saat mengetik teks SMS terkesan pergerakan pergantian huruf agak lambat bereaksi. Untuk mengatasi nya bisa dilakukan dengan menggeser kursor lewat navi key. Sebenarnya akan lebih maksimal lagi jika terdapat fasilitas transfer seperti infrared, mengingat saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi ponsel multimedia. Tidak adanya faslitas email juga disayangkan mengingat email client POP3 sudah menjadi kebutuhan buat banyak orang. Padahal Motorola C650 sudah mengadosi email client.

Ponsel ini ditenagai oleh baterai lithium ion berkapasitas 860 mAh, yang bisa menghasilkan waktu bicara sampai 10 jam dan waktu siaga sampai 770 jam. Tentu nya dalam kondisi penggunaan secara standar. Melihat kondisi kapasitas baterai tentu menjadi hal penting. Selain biasanya kita melihat lewat indikator di layar, pada C380 juga dimungkinkan melihat kondisi baterai dengan lebih jelas melalui battery meter yang terdapat dalam menu phone status. Dari menu itu dapat dilihat tingkatan kuantitas kondisi baterai. Kualitas layar 65 ribu C380 dengan teknologi STN memang kurang menghasilkan warna yang sempurna. Tetapi di lain hal terdapat keuntungan, bahwa layar STN cenderung lebih hemat dalam pemanfaatan energi.

Spesifikasi
Harga Dibawah Rp 1 juta
Layar LCD STN 65 ribu warna
Ukuran 107 x 44,5 x 20,8 mm
Berat 91 gram
Waktu bicara/Waktu Siaga Hingga 10 jam / Hingga 770 jam
Jaringan GSM triple band (900/1800/1900 Mhz)
Phone book 500 entry
GPRS kelas 10
Infrared Tidak
WAP Ya
Games Ya, Java
Fitur lain calculator, datebook, shortcut, alarm clock, chat, dialing service, java setting.

(Sep04)

1 komentar:

  1. ada yang jual hap second Motorola C380, kalau ad infonya beri tau saya

    BalasHapus